Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Aki Honda CB150R dan Yamaha New V-Ixion Ngedrop, Masih Bisa Nyala?

Performa Baterai motor tekor? Buat motor sport injeksi yang kelas atas seperti Honda CBR150R, KawasBaterai motor Z250SL dan lain-lain, performa Baterai motor yang tekor bisa bikin masalah. Mesin enggak bakal mau hidup, meski motor didorong-dorong (motor-motor tersebut tanpa kick starter).

Di kelas motor sport injeksi kelas menengah seperti Honda CB150R dan Yamaha New V-Ixion Lightning (NVL), ada sedikit perbedaan. Ke-2 motor batangan tersebut menggunakan kick starter, sebagai perlengkapan standar di motor.

Menurut Mereka yang jadi salah satu instruktur di Astra Honda Training Center, kick starter pada CB150R jadi ciri motor injeksi Honda yang punya perangkat kapasitor. Perangkat itu sendiri memiliki fungsi menyimpan arus listrik dan akan jadi penyuplai listrik saat Baterai motor tekor.

Kira-kira apa yang terjadi pada CB150R dan NVL saat Baterai motor tekor?

1. “Dengan adanya kapasitor pada CB150R, saat Baterai motor tekor memang elektrik starternya yang enggak bisa menyala. Namun saat pakai kick starter, mesin bisa nyala normal,” kata Opi mekanik Ultraspeed Racing di Jl. Panjang, Jakbar

2. Pada NVL dicoba dengan Baterai motor yang performanya sudah menurun, kurang lebih jadi 9 volt. Dengan kondisi performa Baterai motor yang dijajal, elektrik starter masih bisa menyala

3. Ganti Baterai motor lagi dengan daya yang tekor sampai 8 volt dan hasilnya baru elektrik starter NVL enggak mau hidup. Namun saat dijajal dengan kick starter, bruum (mesin bisa menyala)

4. Lampu indikator pada NVL, jadi penanda performa Baterai motor sudah menurun. Jangan dibiarkan berlarut-larut, daripada bikin pusing kepala.

5. Baterai motor yang sudah tekor pada motor injeksi baik CB150R maupun NVL, lebih baik segera diganti. “Jangan dipaksakan motor injeksi dengan kondisi Baterai motor yang sudah tekor, bisa jadi pemicu kerusakan komponen yang hidupnya mengandalkan aliran listrik,” saran Opi  (motor.otomotifnet.com)  
-David Sigalingging, S.Pd-