Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lampu Hazard (Lampu Sein Nyala Semua) Di Motor, sangat menarik

Lampu Hazard di Motor

Siapa yang belum kenal dengan lampu sein hazar? Itu lho lampu sein yang menyala bersamaan di mobil. Untuk menghidupkan lampu sein hazar tinggal memencet tombol segitiga merah yang ada di dashboard. Fungsi dari lampu sein hazar tidak lain adalah untuk memberi tanda bahwa kendaraan dalam keadaaan darurat seperti mogok, sedang mengganti ban, kecelakaan dll.

Pada sepeda motor memang tidak disediakan penggunaan lampu sein hazar. Meski demikian acap kali para rider memodifikasi motornya agar lampu seinya bisa menyala layaknya lampu sein hazar di mobil. Bagaimana caranya? Berikut kami berikan cara membuat lampu sein hazar di motor.
Cara membuat lampu sein hazar di motor sebenarnya cukup simple, anda tinggal menghubungkan antara lampu sein kiri dan lampu sein kanan. Hanya saja pengedip pada sepeda motor tidak kuat untuk mengedipkan keempat lampu sein. Pengedip merupakan komponen pada rangkaian lampu sein yang berfungsi untuk mengedipkan lampu.

Solusinya untuk membuat lampu sein hazar di motor harus mengganti pengedip tersebut dengan pengedip yang digunakan di mobil. Tenang saja gak usah khawatir aki tekor atau akan merusak komponen lain, dampaknya mungkin hanya lampu akan berkedip lebih cepat ketika hanya menghidupkan dua buah lampu sein. Letak pengedip di sepeda motor berbeda-beda namun pada umumnya pada motor bebek di sebelah kanan dekat dengan aki. Jika masih bingung silahkan hidupkan lampu sein dan pengedip akan berbunyi “tiktok tiktok”.

Berikut langkah-langkah dalam membuat lampu sein hazar di sepeda motor.

Flaseher Mobil

Siapkan alat dan bahanya yakni pengedip mobil, kabel, saklar, solasi dan obeng.

Bongkar body samping dan cari letak pengedip. Jika sudah ketemu silahkan ganti dengan pengedip mobil. Pada pengedip mobil ada 3 kaki, dua kaki bisa langsung disambungkan dengan socket sedangkan satu kaki lainya silahkan disambung menggunakan kabel dengan body motor.

Apabila pemasangan sudah benar, silahkan nyalakan lampu sein dan lampu sein akan hidup seperti sedia kala. Hanya saja kedipanya lebih cepat. Nah untuk membuat lampu peringatan atau keempat lampu sein menyala bersamaan, silahkan bongkar batok lampu. Cari kabel positif kedua lampu sein (kanan dan kiri).

Kalau sudah ketemu sambungkan keduanya. Agar lampu sein tetap bisa digunakan seperti sedia kala gunakan saklar untuk menyambungnya. Sekarang lampu peringatan di sepeda motor pembaca sudah jadi. Posisikan saklar pada posisi on dan hidupkan lampu sein, maka keempat lampu sein akan hidup bersamaan. Untuk menonaktifkan lampu peringatan tinggal geser saklar ke posisi “off” maka lampu sein akan menyala seperti sedia kala.

Demikianlah cara membuat lampu peringatan di motor. Cukup mudah bukan? Jika pembaca ingin mengaplikasikanya pada sepeda motor pembaca, maka gunakanlah dengan bijak agar tidak membingungkan pengendara lain. 
-David Sigalingging, S.Pd-