Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Soak

  

Cara Memperbaiki Baterai motor Kering

Baterai motor / Accu atau bateray adalah komponen yang sangat penting di dalam kendaraan. Bagaimana tidak komponen ini adalah sumber listrik dalam sebuah kendaraan. Ada dua jenis Baterai motor yang beredar saat ini yaitu Baterai motor kering dan Baterai motor basah. Motor-motor keluaran sekarang kebanyakan menggunakan Baterai motor kering sebagai pendulang kelistrikan. Selain dimensinya yang lebih kecil, tidak memerlukan perawatan yang terlalu banyak. Namun bagaimana jika Baterai motor kering pada kendaaraan anda sudah tekor atau rusak? Apakah bisa diperbaiki? Jawabanya adalah bisa, nah berikut ini adalah cara bagaimana memperbaiki Baterai motor kering.

 Oke sebelum memperbaiki Baterai motor kering, siapkan terlebih dahulu bahan bakunya yakni sebuah suntikan dan accu zuur. Jika kedua bahan tersebut sudah disiapkan perhatikan langkah cara memperbaiki Baterai motor kering yang rusak sebagai berikut:


    Lepaskan kedua kabel yang terhubung dengan Baterai motor pada motor anda
    Ambil / lepas Baterai motor dari kendaraan
    Bukalah tutup Baterai motor dengan penutup karetnya (biasanya ada tiga buah)
    Isikan accu zuur menggunakan suntikan hingga volumenya kira-kira 1 cm dari batas atas.
    Tutup Kembali hingga rapat
    Pasang kembali Baterai motor pada motor anda
    Jika semuanya sudah terpasang, hidupkan motor agar memulai proses pengisian.


Setelah Baterai motor/ baterai terisi penuh maka Baterai motor sudah bisa berfungsi kembali. Namun jika sudah melakukan semua langkah memperbaiki Baterai motor kering diatas tetapi Baterai motor tetap saja tidak berungsi, maka sudah waktunya anda menggantinya dengan yang baru. Gimana  mudah bukan? Dari pada harus membeli Baterai motor yang baru, hanya dengan membeli accu zur dan suntikan saja yang harganya  murah Baterai motor anda sudah bisa befungsi kembali. Nah saya hanya memberikan informasi berdasarkan dari apa yang telah saya lakukan, namun perlu diingat jika anda melakukanya resiko ditanggung sendiri ya ...

MEMPERBAIKI BATERAI MOTOR YANG RUSAK (TEKOR)

Berangkat dari sepeda motor supra X keluaran tahun 2002 ku yang sudah mulai ngadat lagi dikarenakan starter tangan udah g berfungsi, lampu-lampu udah mulai redup apabila tidak digas, akhirnya saya mencari cari apa penyebabnya.
Setelah ditelusuri ternyata dikarenakan BATERAI MOTOR yang sudah mulai Rusak atau Tekor, BATERAI MOTOR (Akumulator) dikenal dengan elemen listrik sekunder, yang merupakan elemen listrik yang dapat diisi ulang setelah digunakan, Baterai motor (Akumulator) memiliki dua kutub, kutub anoda (+) menggunakan timbal dioksida (PbO2) dan pada katodanya menggunakan Timbal (Pb) berpori, dan menggunakan Larutan elektrolit H2SO4 (Asam Sulfat). ini dipelajari pada mata pelajaran fisika kelas IX SMP.
Baterai motor memang lambat laun akan mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan bisa bervariasi, mulai dari penggunaan yang salah hingga kerusakan alami seperti umur yang memang sudah waktunya untuk rusak. Nah, kalo Baterai motor motor anda rusak, apa yang akan anda lakukan ? membuangnya atau menjualnya ketukang loak ? Dalam artikel kali ini saya akan sedikit sharing tentang cara memperbaiki Baterai motor yang tekor dengan cara yang  mudah dan murah.
Tetapi yang perlu digaris bawahi, cara yang akan saya sharing tidak sepenuhnya berhasil, tingkat keberhasilannya tergantung dari kondisi Baterai motor itu sendiri. Jika kondisi element didalam Baterai motor yang sudah sangat rapuh, atau bahkan banyak yang sudah pada putus, maka kemungkinan tidak akan berhasil. Dengan cara yang akan saya sampaikan disini, berlakuk untuk Baterai motor yang kondisinya masih sedikit (cuma sedikit saja sich) bagus, masih ada element (minimal belum pada rontok), dan kerusakannya hanya tidak mau menyimpan arus listrik.
Ciri Baterai motor yang tidak mau menyimpan arus listrik adalah ketika anda gunakan lampu rem atau lampu sent, nyalanya sangat redup, bahkan kadang tidak mau nyala sama sekali, apalagi untuk menghidupkan mesin menggunakan starter tangan, jelas merupakan sebuah tindakan yang bodohsia-sia.
Ok, langsung saja, berikut trik untuk memperbaiki Baterai motor yang tekor dan tidak bisa menyimpan arus listrik:

    Sediakan dulu air sedikit panas (diatas hangat tetapi dibawah panas, he…)
    Buka semua penutup cairan Baterai motor, kemudian buang semua isinya. Hati-hati kalo bisa jangan sampai kena kulit, karena air Baterai motor tersebut bisa menyebabkan gatal yang lumayan.
    Setelah terkuras habis, masukan air yang sedikit panas tersebut. Isi setengahnya saja, kemudian tutup semua lubangnya kembali dengan penutup semula.
    Kocok-kocok Baterai motor tersebut hingga air yang ada didalamnya berubah warna menjadi hitam.
    Tujuan dari pengocokan Baterai motor tersebut adalah untuk membuang hasil sisa reaksi yang menempel di element Baterai motor dan di dasar box Baterai motor. Disamping itu, pemberian air sedikit panas tersebut berfungsi untuk menghidupkan kembali element yang sudah mati atau mati suri (kata orang bengkel gitu)
    Jika air yang ada didalam Baterai motor sudah terlalu hitam dan pekat, anda bisa membungnya dulu, kemudian mengulanginya lagi dari tahap 3.
    Ulangi terus hingga kotoran hasil reaksi yang ada didalam Baterai motor bersih (Dasar box Baterai motor terlihat tampa ada endapan)
    Jika dirasa sudah bersih, maka langkah terakhir, anda bisa memasukan air Baterai motor jenis Zuur.
    Setelah selesai, pasang Baterai motor pada motor anda. Tapi ingat, jangan langsung menggunakan untuk menstarter mesin motor anda, tetapi diamkan dulu sambil motor tersebut digunakan (buat mejeng dan jalan-jalan juga gak masalah). Hal tersebut bertujuan untuk mengisi arus listrik dulu ke Baterai motor. Gak perlu ke tukang listrik untuk mengcharge Baterai motor tersebut.

Cara diatas berlaku untuk semua jenis Baterai motor basah, bisa Baterai motor motor, mobil (jika kuat mengocok Baterai motornya sich, atau Baterai motor-Baterai motor yang lain). Tetapi sekali lagi cara diatas tidak semuanya berhasil, kembali lagi ke kondisi Baterai motor. Tetapi walaupun tidak semua kondisi Baterai motor bisa diperbaiki, minimal anda mencobanya, kalo gak jadi bisa anda jual ke tukang loak, kalo jadi berarti keberutungan anda, dari pada beli Baterai motor baru, lebih mahal bro harganya. Perbaikan Baterai motor dengan cara seperti ini bisa awet sampai dengan waktu 1 tahun, lumayan buat ngumpulin duit untuk beli Baterai motor yang baru.

MEMPERPANJANG USIA BATERAI MOTOR


Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita. Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk EDTA ( ethylenediamine tetraacetic ) . 
Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Saya mendapatkannya dengan harga 33ribu/kg.Menurut pengalaman teman-teman dan referensi di Internet, khasiat Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!
Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.


Mari ber-EDTA…
Kita persiapkan terlebih dahulu adalah:
1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
3. Sendok Teh
4. Gelas
5. Battery Hydrometer
6. Lap untuk bersih-bersih.

Langkah-langkahnya:

    Pastikan komposisinya terjaga:Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air Aquadest. Untuk accu yang sudah tekor, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest
    Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.
    Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.
    Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
    Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
    Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.

Demikian apa yang bisa saya share, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih

-David Sigalingging, S.Pd-