Cara membedakan ban tubeless dengan ban tube

Ban bocor, ban kempes, atau ban pecah saat berkendara bisa terjadi pada siapa saja. Tak pelak lagi, pergi ke tukang ban untuk sekedar di tambal atau mengganti ban yang rusak adalah hal wajib yang harus dilakukan agar perjalanan bisa kembali dilanjutkan.

Namun terkadang kita sedikit mengalami kesulitan untuk membedakan apakah ban yang digunakan pada kendaraan adalah ban yang tidak menggunakan ban dalam atau ban yang menggunakan ban dalam (Tube Type).

Kesalahan pemilihan ban tentunya dapat menyebabkan kerugian, misalnya ban yang digunakan adalah ban jenis Tubeless, namun Anda menggantinya dengan ban jenis Tube Type, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar karena Anda perlu membeli kembali ban bagian dalamnya.

Nah pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui ciri-ciri ban yang digunakan pada kendaraan Anda, apakah menggunakan ban dalam (Tube Type) atau tidak menggunakan ban dalam (Tubeless)? Berikut 3 Cara membedakan ban tubeless dengan ban tube yang mudah untuk dilakukan dan dipraktekkan


Ciri #1 Lihat tulisan pada kedua sisi ban (Tube atau Tubeless)


Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melihat tulisan yang tertera pada sidewall disisi kanan atau kiri ban. Jika pada sidewall ban tertulis Tube Type artinya tipe ban ini adalah tipe ban yang menggunakan ban dalam.

Sedangkan untuk tulisan pada sisi ban yang tertulis Tubeless artinya tipe ban ini adalah tipe ban yang tidak menggunakan ban dalam. Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini

 atau ban pecah saat berkendara bisa terjadi pada siapa saja Cara membedakan ban tubeless dengan ban tube
Penandaan tubless atau tube type pada ban


Cara #2 Posisi pemasangan Katup Udara (Pentil Ban) yang digunakan


Bentuk pentil ban (berikutnya kita akan sebut katup udara) bisa membantu kita untuk mengenali perbedaan antara ban Tubeless dengan ban Tube Type.

Untuk ban Tubless, katup udara yang digunakan umumnya tidak menggunakan mur pengunci, sedangkan untuk ban tube type selalu menggunakan mur pengunci.

Untuk Perhatikan pada contoh gambar di bawah ini

 atau ban pecah saat berkendara bisa terjadi pada siapa saja Cara membedakan ban tubeless dengan ban tube
Perbedaan katup udara (pentil ban) tubeless dan tube type


Cara #3 Velg (Pelek Ban) yang digunakan


Cara mudah berikutnya untuk mengetahui tipe ban itu Tubeless atau Tube Type adalah dengan memperhatikan jenis velg yang digunakan (Catatan: Cara menentukan tipe ban dengan melihat jenis velg ini terkadang tidak selalu tepat adanya).

Untuk Ban Tubeless umumnya menggunakan Velg type Alumunium sedangkan Ban Tube Type umumnya menggunakan Velg berjenis Plat atau sering disebut Velg jenis kaleng.

Perhatikan pada gambar dibawah berikut

 atau ban pecah saat berkendara bisa terjadi pada siapa saja Cara membedakan ban tubeless dengan ban tube
Bentuk Velg alumunium dan Velg model kaleng

Demikianlah cara mudah untuk mengetahui apakah ban tersebut berjenis tubeless atau bukan ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments

Close Menu