Mengenal KOS dan OSS pada mobil Mirage

Kalau Anda adalah pengguna mobil MItsubishi Mirage, kami merasa bahwa kemungkinan besar Anda akan mendengar istilah KOS dan OSS.

KOS dan OSS adalah sistem buka tutup pintu/bagasi maupun untuk menghidupkan mesin tanpa memasukkan kunci kedalam slot kunci di dalam kendaraan. Pernah mendengarnya ?

Jika Anda belum pernah mendengar dan ingin tahu apa sih KOS dan OSS pada mobil mirage ini, maka artikel kali ini adalah artikel yang tepat untuk Anda baca terkait dengan fitur dan teknologi di kendaraan tersebut.

Secara garis besar KOS adalah singkatan dari Keyless Operating System , sedangkan OSS adalah singkatan dari One Touch Start System.

Artinya, kedua sistem ini sengaja disematkan kedalam MItsubishi Mirage untuk memberikan kemudahan saat pengguna ingin masuk ke dalam mobil dan menghidupkan mesinnya. Nah, biar lebih jelasnya, baca terus artikel dibawah ini

Kalau Anda adalah pengguna mobil MItsubishi Mirage Mengenal KOS dan OSS pada mobil Mirage


Keyless Operating System (KOS) dan One Touch Start System (OSS) pada Mobil Mitsubishi Mirage


Keyless Operating System sendiri kalau di terjemahkan ke bahasa Indonesia kira-kira memiliki arti "Pengoperasian sistem tanpa kunci", dan pada prakteknya Anda hanya cukup menekan tombol hitam yang ada di dekat handle pintu depan untuk membuka pintu dan masuk kedalam mobil meskipun remote KOS ada di kantong saku celana Anda
.
Atau misalnya, ketika Anda sudah berada didalam mobil, Anda dapat menghidupkan mesin meskipun remote KOS tetap dalam kantong saku celana Anda.

Secara teknikalnya, Keyless Operating System (KOS) dan One Touch Start System (OSS) merupakan sistem kunci terintegrasi yang cara kerjanya diatur oleh komputer mesin (istilahnya Engine Control Unit / ECU) , dapat difungsikan untuk buka-tutup pintu/bagasi, ataupun digunakan untuk menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci manual.


Bagaimana cara penggunaan KOS dan OSS pada mobil Mitsubishi Mirage


Secara garis besar, fungsi KOS dan OSS ada 4 yaitu, mengunci pintu, membuka pintu, menghidupkan mesin, mematikan mesin.

Kalau Anda adalah pengguna mobil MItsubishi Mirage Mengenal KOS dan OSS pada mobil Mirage

Berikut adalah cara penggunaan KOS dan OSS

1. Mengunci Pintu

Menekan tombol LOCK (gambar gembok terkunci) pada remote KOS atau dengan menekan tombol hitam di dekat handle pintu, maka semua pintu akan otomatis terkunci termasuk pintu bagasi.

2. Membuka Pintu

Menekan tombol UNLOCK (gambar gembok terbuka) pada remote KOS, atau Anda dapat menekan tombol hitam yang terdapat di kedua handle pintu depan dengan catatan Anda (beserta remote KOS dalam saku) hanya berjarak sejauh 70 cm, maka semua pintu dapat dibuka termasuk bagasi.

3. Menghidupkan mesin

Masih dengan remote KOS didalam saku celana, Anda bisa menghidupkan mesin mobil mirage tersebut namun dengan catatan seperti berikut:
  • KOS ada dalam mobil (saat ini Ada dikantung saku celana)
  • Tuas persneling ada di posisi P (Parking)
  • Pedal rem sudah Anda injak dan tekan
  • Tekan tombol Start Stop Engine
Setelah langkah dan semua syarat diatas terpenuhi, maka mesin mobil mirage Anda bisa dihidupkan.

4. Mematikan mesin

Untuk mematikan mesin, cukup masukkan tuas persneling ke posisi P (Parking) kembali lalu dilanjutkan dengan menekan sekali tombol Start Stop Engine.


Post a Comment

0 Comments

Close Menu