Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Ban, Pengertian dan Kode Ban

Ban yang sudah selama ini kita ketahui merupakan salah satu komponen dari kendaraan yang penting  mengingat tanpa ban mustahil kendaraan dapat berjalan dengan nyaman, oleh sebab itu ban sangatlah penting untuk menyerap getaran dari jalan sehingga getaran tidak sampai ke pengemudi. Ban kendaraan dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu ban bias, radial dan tubeless (tanpa ban dalam).

Ban Bias
Untuk ban bias, ban jenis ini terbuat dari lapisan serat yang dibuat dengan arah yang miring. Selain itu, ban jenis bias ini memiliki tapak atau juga disebut dengan tread yang memiliki daya serap terhadap benturan yang baik sehingga akan memberikan kenyamanan pada pengemudi saat berkendara. Tetapi kelemahan dari ban bias ini untuk ketahanan terhadap keausan dan guncangan kurang baik dan tidak sebaik ban jenis radial.



Ban Radial
Untuk ban radial, ban jenis ini terbuat dari lapisan serat dan lapisan serat tersebut dibuat menyilang pada lingkar ban. Selain itu, pada ban jenis radial ini lapisan seratnya ditambah dengan lapisan sabuk dengan arahnya yang searah lingkar ban.

Untuk ban radial yang sabuknya terbuat dari bahan serat baja, ban ini disebut dengan ban radial baja. Untuk kelebihan ban radial baja ini adalah untuk ketahanan terhadap guncangan serta keausan lebih baik dibandingkan dengan tipe bias. Sedangkan kelemahan ban radial baja ini sendiri adalah untuk tapaknya lebih kaku sehingga kurang nyaman saat dikendarai pada jalan bergelombang atau tidak rata.

Ban Tubeless
Untuk ban tubeless, ban jenis tubeless ini dirancang agar memungkinkan ban dapat menahan udara langsung didalamnya tanpa adanya ban dalam didalam ban luarnya.
Ban jenis tubeless ini dibuat dengan lapisan serat dan didalamnya juga dilengkapi dengan lapisan dalam yang berfungsi berfungsi untuk menghambat tekanan udara yang keluar pada saat ban tertusuk oleh benda tajam, sehingga ketika ban tertusuk ban tidak langsung kempes. Ban jenis tubeless ini memiliki tingkat keamanan yang cukup baik.

Cara kerja ban tubeless ini ketika tertusuk benda tajam yaitu saat ban tertusuk benda tajam, maks tread dan liner akan mencengkeram dengan kuat pada benda tajam yang menusuk ban. Karena tread dan liner mencengkram rapat benda tajam tersebut sehingga tekanan udara dalam ban tersebut tidak akan langsung keluar. Oleh sebab itu ban jenis tubeless ini tidak akan langsung kempes ketika tertusuk benda tajam dengan catatan benda tajam tersebut tidak dicabut dari ban.

Kelebihan ban jenis tubeless lainnya adalah proses radiasi panas akan lebih baik dikarenakan udara langsung berhubungan dengan rim karena ban jenis tubeless tidak memakai ban dalam. Selain itu, dengan tidak memakai ban dalam maka flap dan side ring pada ban akan menjadi lebih ringan

Kode untuk ukuran ban dan roda
Untuk ukuran ban dan roda biasanya ukurannya berdasarkan lebar ban, kekerasan dari ban dan ketebalan ban itu sendiri, serta sifat lainnya dari ban. 

Tabel. Kode untuk ukuran ban dan roda

Membaca Kode Ban
Ban bias atau ban dengan ban dalam, kodenya 10.0 – R – 20 – 14PR
Keterangan :
10.0 artinya lebar ban (inchi)
R artinya konstruksi radial
20 artinya diameter rim (inchi)
14PR artinya kekuatan ban (PR)

Ban tubeless, kodenya 11 – R – 22.5 – 14PR
Keterangan :
11 artinya lebar ban (inchi)
R artinya konstruksi radial
22.5 artinya diameter Rim (Inchi)
14PR artinya kekuatan ban (PR)


Post a Comment for "Jenis Ban, Pengertian dan Kode Ban"