Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Merawat Rem Sepeda Motor


Salah satu komponen pada bagian kendaraan yang membuat pengendara aman adalah sistem remnya. Sistem rem pada kendaraan harus berfungsi dengan baik, mengingat fungsinya sangat penting untuk pengendara. Fungsi dari sistem rem pada sepeda motor khususnya adalah untuk memperlambat laju kendaraan, untuk menghentikan laju kendaraan dan yang terakhir yang sudah banyak sepeda motor yang memanfaatkan rem untuk parkir.

Sepeda motor saat ini kebanyakan sudah mulai menggunakan sistem rem cakram. Rem cakram dinilai lebih unggul dari rem tromol. Rem cakram memiliki beban berat yang lebih ringan dibanding dengan rem tromol. Kemudian, rem cakram untuk pendinginannya lebih baik dari rem tromol. Kemudian, rem cakram daya pengeremannya lebih besar dari pada rem tromol. Terakhir, bila kendaraan melintasi genangan air maka air tersebut tidak akan mengganggu kinerja rem karena tidak terjebak pada sistem remnya berbeda dengan rem tromol, jika melintasi genangan air, air berkemungkinan akan terjebak didalam tromol.

Untuk menjaga kinerja rem, maka anda perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan yang rutin terhadap sistem remnya. Sering cek ketebalan dari kampas atau pad remnya.

Kampas rem yang habis akan menimbulkan bahaya. Jika kampas rem habis maka jika handel rem ditarik akan menyebabkan cakram atau piringan tidak bergesekan lagi dengan kampas akan tetapi akan bergesekan dengan besi pada kampas rem. Jika terjadi hal tersebut, maka cakram akan cepat aus dan akhirnya cepat rusak.

Jika melakukan pengereman secara terus menerus, karena gesekan antar besi maka akan menimbulkan panas. Jika terlalu panas dapat membuat seal karet pada master silinder dapat rusak dan akhirnya minyak rem bocor.

Untuk mengetahui ciri-ciri rem telah habis sangatlah mudah. Kampas rem habis biasanya ditandai dengan bunyi ciiiittt ciiitttt saat anda melakukan pengereman. Walaupun bunyi ini juga dapat terjadi saat kampas rem jika mulai keras.

Selain itu, ciri-ciri kampas rem mulai habis juga dapat terlihat dari tarikkan pedal rem yang semakin dalam. Hal ini terjadi karena, kampas rem baru ukurannya tebal tetapi jika sering digunakan untuk mengerem maka lama-lama lebarnya akan mengecil.

Jika ciri-ciri diatas mulai terasa, maka cek remnya. Jika perlu diganti maka segera lakukan penggantian agar tidak membahayakan pengendara dan orang lain dijalan tentunya.

Post a Comment for "Pentingnya Merawat Rem Sepeda Motor"