Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Aqua Planing?


Hujan sering kali terjadi di negeri kita tercinta yaitu Indonesia. Indonesia memiliki 2 iklim yaitu iklim hujan dan iklim kemarau. Dimana saat iklim hujan, banyak terjadi banjir ntah itu sebabnya apa. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas masalah penyebab terjadinya banjir akan tetapi masalah yang timbul akibat adanya genangan air ketika setelah terjadinya hujan. Masalah tersebut adalah aqua planing yang terjadi pada kendaraan saat berjalan pada permukaan genangan air. Mungkin pembaca pernah mendengar istilah aqua planing ataupun mungkin malah belum tahu sama sekali. Nah pada kesempatan ini saya akan membahas tentang aqua planing, bagi pembaca yang belum tahu mari kita simak bersama.
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah aqua planing tersebut, bahaya apa yang ditimbulkan jika terjadi aqua planing? bagaimana kok aqua planing bisa terjadi? Terus bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi aqua planing?, Nah kita mulai dari pertanyaan pertama
1. Apakah aqua planing itu?
Aqua planing merupakan kondisi dimana seluruh ban mobil kehilangan traksinya sehingga terjadi slip oleh karena melintasi jalan yang permukaannya digenangi oleh air, yang akan berakibat mobil akan sperti melayang terangkat keatas pada saat kecepatan tinggi. Pada kondisi ini menyebabkan kondisi kendaraan yang akan susah dikendalikan dan akan kehilangan kontrol dari pengemudian sehingga akan sangat membahayakan sekali bukan? Jika kendaraan kehilangan kontrol bisa saja terjadi kecelakaan dijalan
2. Bagaimana kok bisa terjadi aqua planing?
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, aqua planing terjadi saat kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi yang melintasi jalanan yang permukaannya tergenang air. Ketika melintasi genangan air tersebut , jumlah dari genangan air yang terkumpul didepan kendaraan akan melebihi kemampuan ban dalam membuang air kebelakang. Akibat yang ditimbulkan adalah air yang tidak terbuang ke belakang akan membentuk lapisan tipis di jalan sehingga membuat ban tidak memiliki traksi pada permukaan jalan atau mudahnya ban tidak menapak jalan. Permukaan ban yang sudah aus melebihi spek (melebihi TWI) atau mudahnya batikan ban sudah tipis maka kemungkinan terjadinya aqua planing semakin tinggi karena air akan susah dibuang kebelang oleh ban.

3. Bagaimana akibat bila ada aqua planing?
Sudah dijelaskan juga diatas, jika terjadi aqua planing akan kemungkinan terjadi kecelakaan karena kendaraan sulit dikendalikan ini disebabkan traksi yang hilang antara roda dan jalan atau mudahnya roda slip.
4. Bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi aqua planing
Penyebab dari aqua planing sudah dijelaskan diatas, setelah pembaca tahu penyebabnya maka pembaca pun bisa mencegah agar tidak terjadi aqua planing. Caranya adalah kita senantiasa merawat kendaraan, terutama pada bagian roda, karena roda yang digunakan lama-lama akan mengalami keausan karena ban langsung bersinggungan dengan permukaan jalan. Perhatikan tanda keausan pada ban, bila sudah mencapai TWI segera ganti ban kendaraan anda jika tidak ingin mengalami masalah karena aqua planing.
Perhatikan jalan yang anda lewati, anda pasti akan tahu dimana titik terjadinya genangan air ketika hujan terjadi. Ambil jalan lain, cari jalan yang kering tapi bila terpaksa harus melewati jalan dengan genangan air maka kendarai kendaraan anda dengan hati-hati jang digas pol.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kepada pembaca sekalian, jika ada banyak salah saya mohon maaf...

Post a Comment for "Apa Itu Aqua Planing?"