Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Teknologi Combi Brake System (CBS)?

Berbicara masalah teknologi, tentu saja kita sering mendengar istilah Combi Brake System atau CBS pada kendaraan terutama sepeda motor dengan produsen Honda. Honda terus mengembangkan teknologinya, salah satunya teknologi Combi Brake System atau CBS. Kini teknologi CBS ini telah digunakan di berbagai jenis motor produsen Honda, antara lain Honda Vario 110cc, Honda Vario Tecno 125, Honda Beat dan Honda CBR 260R.
Combi Brake System atau CBS adalah teknologi pengembangan dari sistem rem kendaraan. Pada dasarnya fungsi dari sistem rem itu pada kendaraan bermotor ada tiga fungsi utama, yaitu untuk memperlambat laju dari kendaraan, untuk menghentikan kendaraan dan yang terakhir untuk parkir kendaraan. Pada umumnya kendaraan sepeda motor kususnya tipr matic yang remnya ada dua yaitu rem tangan sebelah kiri dan rem tangan sebelah kanan yang tidak dilengkapi dengan sistem CBS, saat pengendara menekan rem tangan sebelah kiri maka sistem rem yang berfungsi hanya untuk mengerem roda depan saja, sedangkan sebaliknya jika hanya menekan rem tangan sebelah kanan, roda yang mengerem hanya roda belakang saja. Sedangkan pengereman akan optimal jika kedua roda melakukan pengereman. Untuk melakukan pengereman kedua roda, pengendara harus menekan rem tangan sebelah kiri dan rem tangan sebelah kanan, hal tersebut dirasa kurang efisien. Inilah fungsi dari sistem CBS, yaitu untuk melakukan pengereman pada kedua roda saat pengendara hanya menekan rem tangan sebelah kiri saja. Dengan teknologi ini juga pendistribusian gaya pengereman ke roda depan dan roda belakang menjadi seimbang dan sesuai dengan kebutuhan pengereman.
Cara kerja dari Combi Brake System atau CBS ini adalah ketika pengendara menekan rem tangan sebelah kiri, maka equalizer gaya akan bekerja untuk mentransfer atau mendistribusikan tenaga dari tekanan tangan ke handel rem tangan sebelah kiri, kemudian tenaga pengereman tersebut disalurkan ke dua bagian. yaitu yang satu menuju rem bagian roda belakang dan yang satu lagi ke tuas ungkit rem tangan sebelah kanan. Gunanya untuk menekan knocker yang akan menekan piston dari rem hidrolik, yang kemudian piston tersebut menekan cairan rem, sehingga cairan rem tersebut tertekan ke piston di silinder roda, sehingga pad rem menekan cakram dan pada akhirnya terjadi langkah pengereman. Pada saat ini tenaga pengereman akan disalurkan ke  kedua roda depan dan belakang secara merata.

Post a Comment for "Apa itu Teknologi Combi Brake System (CBS)?"