Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Oktan? Berapa Oktan Bensin Yang Ada Di SPBU?


Kita sering mengantri di SPBU untuk membeli bensin, di SPBU ada beberapa jenis bensin yaitu premium, pertalite dan pertamax, pertamax plus dan pertamax racing, dan apa bedanya antara jenis-jenis bensin tersebut? Yang membedakan adalah nilai oktan yang dikandung dalam bahan bakar bensin tersebut. Nilai oktan merupakan angka yang menunjukkan tingkat ketukan (knocking) yang ditimbulkan bensin terhadap mesin saat terjadi pembakaran.
Semakin tinggi angka oktan, maka bensin atau bahan bakar lebih lambat terbakar, sehingga tidak meninggalkan residu pada mesin yang bisa mengganggu kinerjanya.
Ketukan terjadi ketika bahan bakar terbakar prematur atau terjadi penyalaan dini (auto ignition) di dalam mesin, yang menyebabkan timbulnya suara khas yang menyerupai ketukan.
Ketukan pada mesin akan menyebabkan kerusakan dan membuat mesin tidak beroperasi secara efisien. Itu sebabnya agar mesin bekerja optimal dan efisien maka memerlukan oktan tertentu sesuai dengan tekanan kompresi mesin tersebut.
Angka oktan diperoleh dengan menguji bahan bakar dalam keadaaan terkontrol. Angka oktan di uji dengan 2 cara yaitu Research Octane Number (RON) dan Motor Octane Number (MON). Yang sering dipakai adalah jenis RON
Untuk nilai oktan bensin yang ada di SPBU, premium memiliki angka oktan sebesar 88, untuk pertalite memiliki angka oktane sebesar 90, untuk pertamax memiliki angka oktan sebesar 92, untuk pertamax plus memiliki angka oktan sebesar 95, sedangkan untuk pertamax racing angka oktannya sebesar 100
Gambar. Perbandingan kompresi dengan nilai oktan

Post a Comment for "Apa Yang Dimaksud Dengan Oktan? Berapa Oktan Bensin Yang Ada Di SPBU?"