Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ban Cadangan, Ukurannya Kenapa Lebih Kecil?

Berbicara masalah ban cadangan, tentu saja untuk anda pengendara mobil tentunya jika berpergian selalu membawa yang namanya ban cadangan atau ban serep.
Ban cadangan memiliki fungsi sebagai pengganti ban, ketika ban utama mengalami suatu masalah yaitu mengalami kebocoran. Jika anda sebagai pengendara mobil tidak menyiapkan ban cadangan, tentu saja ketika terjadi masalah pada ban utama anda harus jauh-jauh membawa ban utama yang bocor untuk mencari tukang tambal. Jika sudah ada ban cadangan maka anda tidak perlu menggotong-gotong ban utama, anda hanya mengganti ban utama dengan ban cadangan. Setelah itu anda dapat mencari bengkel tambal ban dengan mengendarai mobil.

Jika dilihat lihat ukuran ban lebar telapak ban antara ban utama dan ban cadangan agak berbeda. Ban cadangan memiliki ukuran lebar telapak ban lebih kecil dari ban utama. Namun anda tidak perlu kuatir dengan kondisi ini, atau kuatir bila ditilang polisi karena lebar telapak lebih kecil. Hal ini diperbolehkan didalam undang-undang dengan syarat bahwa diameter peleknya harus sama.

Ukuran lebar telapak ban cadangan dibuat lebih kecil dari ban utama, tentu saja ada maksud dalam pembuatannya. Maksud pembuatan lebar telapak ban cadangan lebih kecil yaitu untuk menghemat tempat penyimpanannya agar tidak memakan tempat yang terlalu banyak. Selain itu, jika ukuran lebar telapak ban lebih kecil maka jika dilihat akan tidak nyaman bukan? Hal ini juga memiliki maksud tertentu, yaitu agar pengendara mobil tidak memakai ban cadangan terlalu lama. Ban cadangan digunakan untuk keperluan sementara yaitu ketika ban utama mengalami kebocoran setelah itu digunakan ban cadangan dan setelah ban utama sudah ditambal dan diperbaiki maka ban cadangan harus diganti kembali dengan ban utama.

Hal yang perlu diperhatikan saat mobil anda menggunakan ban cadangan adalah, anda jangan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, karena bahan penyusunnya berbeda dengan ban utama. Selain itu, sebisa mungkin hindari jalan yang bergelombang.

Post a Comment for "Ban Cadangan, Ukurannya Kenapa Lebih Kecil?"