Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bank Angle Sonsor pada Kendaraan Injeksi

Kendaraan sepeda motor pada akhir-akhir ini sedang gencar-gencarnya mengenalkan sepeda motor tipe fuel injection. Pada kesempatan ini saya buka membahas tentang kendaraan fuel injection atau elektronik fuel injection (EFI). Saya akan membahas tentang salah satu sensor yang terdapat pada sepeda motor jenis EFI. Pernahkah pembaca mendengar istilah bank angle? Saya rasa sebagian dari pembaca belum pernah mendengar istilah bank angle. Dari artinya saja bank angle dapat diketahui, yaitu pasti membahas tentang suatu sudut, sudut apa yang dibahas? Yaitu sudut kemiringan kendaraan. Fungsi dari bank angle sensor adalah untuk mematikan kendaraan atau mesin ketika kendaraan bermotor yang dikendarai mengalami kecelakaan dan terjatuh. Bank angle sensor pada dasarnya merupakan kelengkapan sensor pada kendaraan EFI yang berguna untuk menjamin keselamatan dari sang pengendara. Saat pengendara jatu maka sensor akan bereaksi terhadap kemiringan kendaraan, jika kemiringan melebihi spesifikasi maka sensor akan mengirimkan sinyal ke Electronic Control Unit atau disingkat ECU, sehingga ECU akan memerintahkan kekendaraan untuk mematikan mesin. Dengan sensor ini, maka dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan yang lebih parah, bayangkan saja bila terjadi kecelakaan dan kemudian bensin menetes dari tangki sedangkan mesin masih menyala, apa kemungkinan yang akan terjadi? Tentu saja berpotensi terjadinya kebakaran. Oleh sebab itu penggunaan dari bank angel sensor sangat membantu dalam menjamin keselamatan pengendara.
Cara kerja dari bank sensor seperti yang sudah dijelaskan diatas, sensor ini terdiri dari IC, latch-up circuit dan pendulum. Cara kerjanya yaitu ketika motor mencapai kemiringan diatas 60 derajat atau ketika posisi dari pendulum menutupi latch-up circuit dan IC, maka bank angle sensor akan mengirim sinyal ke ECU untuk memutus kerja dari sistem fuel pump atau pompa bahan bakar, sistem injector dan sistem ignition atau pengapian. Setelah sistem-sistem tersebut tidak bekerja, maka kendaraan akan mati.
Pertnyaan yang sering muncul setelah menerangkan tentang bank angel ini, biasanya kalau misalnya kendaraan saat menikung padahal sudut kemiringannya mencapai 60 derajat kenapa kendaraan tidak mati? Nah untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus belajar kembali tentang fisika tentang gaya sentrifugal. Benar kendaraan yang membelok pada kemiringan 60 derajat tidak akan mati, hal ini terjadi karena saat kendaraan menikung terdapat gaya sentrifugal yang menyebabkan kemiringan dari bank angel sensor tidak sama dengan kemiringan saat kendaraan terjatuh, karena pendulum terkena gaya sentrifugal yang menyebabkan pendulum tidak akan menutup latch-circuit dan IC, sehingga mesin kendaraan tetap hidup dan tidak mati, jika mesin mati saat kendaraan membelok malah akan membahayakan pengendara bukan?

Post a Comment for "Bank Angle Sonsor pada Kendaraan Injeksi"