Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bidang Tekan (Ground Pressure) dari Ban


Ground pressure atau bidang tekan ketanah merupakan tekanan yang diberikan ke jalan atau tanah oleh ban kendaraan. Ground pressure ini merupakan salah satu ukuran yang berpotensi agar kendaraan dapat bergerak, terutama pada saat kendararan tersebut berjalan pada kondisi permukaan tanah yang tidak keras atau lunak. 

Mudahnya saja, kita dapat mengasumsikan (membuat persamaan) bila kita sedang berjalan di permukaan tanah yang tidak keras atau lembek misalnya di sawah yang berlumpur dan tanahnya tidak keras pastinya kita akan mengalami kesulitan ketika berjalan di permukaan tanah yang berlumpur tadi bukan ? 

Hal ini disebabkan karena kaki kita akan langsung tenggelam ke dalam tanah yang berlumpur tadi. Tapi jika kita memiliki sebuah papan yang memiliki luas penampang yang besar kamudian kita taruh ke tanah berlumpur tadi dan kita mencoba berdiri diatas papan tersebut tentu saja kaki kita tidak akan tenggelam bukan ? 

Kita dapat berdiri diatasnya dikarenakan berat badan kita disebarkan oleh permukaan papan tersebut ke permukaan tanah yang berlumpur tadi dan berat badan kita tidak langsung bertumpu pada satu titik atau hanya disebarkan pada kedua kaki kita saja. Hal ini juga sama berlaku untuk kendaraan.


Ground pressure diukur dalam satuan pascal (Pa) dan dalam unit EES dinyatakan dalam pound per squere inch (Psi). Ground pressure rata-rata didapatkan dengan hitungan menggunakan rumus P=F/A atau daya sama dengan gaya dibagi dengan luas penampang.
Pengaruhnya:
1. Gesekan permukaan jalan
Kemampuan kendaraan untuk start (jalan), stop (berhenti) dan belok akan menyebabkan gesekan antara permukaan jalan dengan ban. Desain dari permukaan telapak ban (batikan ban) bertujuan untuk menangani masalah tentang kondisi permukaan jalan, baik jalan yang kering, jalan yang basah atau jalan yang tertutup salju.

2. Menyerap kejutan dari jalan yang kasar
Hal ini merupakan keuntungan dari ban jenis pneumatik (angin). karena adanya angin di dalam ban maka ban tersebut dapat menyerap kejutan dari jalan sehingga ban tersebut jiga memiliki fungsi untuk sebagai pegas dan peredam untuk menyerap kasarnya permukaan jalan.

Post a Comment for "Bidang Tekan (Ground Pressure) dari Ban"