Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Katup PCV (Positive Crankcase Ventilation Valve)

     
Gambar. Katup PCV

     Gas yang terbakar apabila keluar ke udara luar akan menimbulkan polusi. Hal ini sangat tidak kita kehendaki, selain itu hal ini juga merupakan pemborosan bahan bakar. Untuk mengatasi kondisi ini dipasanglah Sistem Ventilasi Pada Bak Engkol atau Positive Crankcase Ventilation (PCV) yang berfungsi untuk mengembalikan kebocoran gas (blow by gas) tersebut kembali ke manifold pemasukan (intake manifold)

Cara kerja:
Gambar. Cara kerja katup PCV

  1. Pada kondisi mesin mati, pegas akan menekan katup sehingga saluran yang menghubungkan intake manifold dengan crankcase tertutup
  2. Pada kondisi stasioner, kevakuman pada intake manifold menjadi tinggi sehingga katup akan tertarik keatas dan sedikit membuka saluran, sehingga gas yang ada di crankcase akan mengalir kembali ke intake manifold dalam jumlah terbatas karena luas lubang permukaan yang terbatas
  3. Pada kondisi kerja normal, kevakuman intake manifold lebih besar sehingga permukaan lubang saluran yang terbuka menjadi lebih luas, akibatnya gas yang masuk ke intake manifold menjadi lebih banyak
  4. Pada kecepatan tinggi dan beban berat, katup akan terbuka maksimum sehingga kebocoran gas yang terjadi akan dapat diserap dalam jumlah yang lebih banyak lagi (maksimum) untuk dialirkan kembali ke intake manifold 

Sumber:
Wahyu Triyono. (2009). Modul Pemeliharaan/ Servis Sistem Bahan Bakar Bensin untuk SMK dan MAK. Jakarta: Erlangga

Post a Comment for "Cara Kerja Katup PCV (Positive Crankcase Ventilation Valve)"