Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaga Tekanan Ban Anda Jika Tidak Mau Terjadi Hal-Hal Yang Berbahaya


Ban merupakan bagian kendaraan yang langsung bersinggungan dengan permukaan jalan. Karena itu maka komponen yang satu ini harus ditangani dan dirawar secara benar dan teratur agar diperoleh pengendaraan yang aman dan nyaman.

Salah satu aspek yang yang harus diperhatikan dalam perawatan ban yaitu selalu jaga tekanan ban agar tekanan sesuai dengan spesifikasinya, yang berarti tekanan ban tidak boleh berlebih maupun tekanan ban kurang.

Tekanan ban adalah merupakan faktor penting untuk menjamin keselamatan dan kemampuan pengendaraan dari kendaraan. Meskipun ban itu terbuat dari bahan yang rapat, akan tetapi ban dapat bocor walaupun sangat kecil.

Tekanan ban yang berlebih maupun tekanan ban yang kurang akan memberikan dampak pada pengendaraan. Tentu saja dampak negatif yang akan ditimbulkannya. Untuk lebih jelasnya dampak yang ditimbulkan karena tekanan ban yang berlebih ataupun kurang dapat dijelaskan berikut ini:

Dampak tekanan ban berlebihan
Tekanan ban yang berlebihan akan memberikan dampak berikut ini:
1.   Kemampuan pengereman dan tingkat stabilitas kendaraan menjadi berkurang dikarenakan bidang gesek dari permukaan ban atau bagian tread dengan jalan semakin kecil.
2.     Kenyamanan berkendara menjadi berkurang karena ban juga merupakan komponen peredam getaran yang ditimbulkan karena adanya singgungan ban dengan jalan, seperti yang kita ketahui permukaan ban tidak pasti rata terkadang bergelombang. Jika tekanan ban berlebih maka kemampuan ban untukmenyerap getaran dari jalan tidak maksimal atau tidak bisa terjadi.
3.       Bagian tengah dari permukaan ban atau tread akan lebih cepat aus.
4.     Lapisan ban yaitu benangnya akan terlalu tegang sehingga ban mudah rusak karena tumbukan dari luar.
5.    Bagian tengah dari tread akan lebih mudah terkelupas, hal ini dikarenakan gesekan yang terkonsentrasi pada bagian tengah tread saja.

Dampak tekanan ban yang kurang
Tekanan ban yang kurang akan memberikan dampak berikut ini:
1.   Bahan bakar akan lebih boros dikarenakan tahanan dan gesekan kendaraan untuk bergerak akan bertambah dikarenakan kondisi ban yang kempes.
2.       Pengemudian akan menjadi bertambah berat.
3.       Ban bagian tepi akan lebih cepat mengalami keausan.
4.    Ban yang kempes akan membuat ban menjadi lentur sehingga membuat temperatur bagian dalamnya akan bertambah. Hal ini mengakibatkan bila ban kempes atau tekanan kurang dan kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan ban pecah sehingga membahayakan pengendara itu sendiri.
5.     Pada kecepatan tinggi, kendaraan juga dapat berkemungkinan terjadi standing wave dan dapat mengalami hidroplaning.


Demikian penjelasan dari saya tentang pentingnya menjaga tekanan ban. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, terima kasih banyak atas kunjungan pembaca sekalian.

Post a Comment for "Jaga Tekanan Ban Anda Jika Tidak Mau Terjadi Hal-Hal Yang Berbahaya"