Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Busi Iridium

Siapa yang tidak tahu tentang busi, komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat vital agar mesin bensin dapat hidup. Busi merupakan salah satu komponen dari sistem pengapian yang berfungsi untuk memercikkan api untuk menghasilkan usaha pada mesin yang nantinya tenaga ini akan disalurkan oleh piston ke batang piston dan akhirnya akan dirubah dari gerakan naik turun oleh piston di poros engkol menjadi gerak putar. Gerak putar ini kemudian dimanfaatkan untuk memutarkan roda yang sebelumnya telah melewati sistem pemindah tenaga dari kendaraan.

Tentu saja tanpa busi, kendaraan motor bensin tidak akan menyala kecuali untuk kendaraan dengan mesin diesel. Perkembangan pada akhir-akhir ini, menuntut agar kualitas busi lebih baik lagi, karena semakin baik nyala api pada busi maka pembakarannya pun juga akan semakin baik. Busi iridium yang saat ini banyak diproduksi sangat berbeda dari busi yang biasa. Perbedaan antara busi iridium dan busi biasa terletak pada ujung elektrodanya. Busi iridium menggunakan bahan iridium pada ujung elektrodanya sedangkan untuk busi biasa ujung elektrodanya menggunakan komponen elektroda yang biasa.

Ujung dari elektroda busi iridium pada umumnya meruncing. Hal tersebut diharapkan agar percikkan bunga api pada busi bisa lebih fokus pada satu titik, sehingga akan membuat proses pembakaran pada ruang bakar menjadi efisien sehingga tenaga optimal dan rendah emisi gas buang. Bahan iridium ini memiliki kemampuan yaitu tahanan yang lebih kecil dari bahan biasa sehingga dapat mengoptimalkan percikkan bunga api pada busi karena tegangan yang terhambat oleh tahanan elektrodanya kecil, sehingga tegangan yang tinggi dapat keluar dari busi dan menghasilkan nyala api yang besar pula.


Selain itu, untuk usia dari busi iridium adalah lebih lama dibanding busi biasa. Umur busi iridium dapat mencapai 5 kali umur busi biasa, misalnya untuk busi biasa usia pemakainnya kira-kira hanya 20.000 km maka usia untuk busi iridium dapat mencapai 100.000 km.

Tetapi untuk masalah harga, tentu saja busi iridium akan jauh lebih mahal dari busi biasa, misalnya harga busi biasa seharga Rp. 15.000,- maka harga busi iridium dapat mencapai Rp.90.000,- atau bahkan dapat lebih.

Mungkin itu saja yang dapat saya bahas, jikalau banyak salah saya mohon maaf, semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Post a Comment for "Kelebihan Busi Iridium"