Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Kecil Tapi Sangat Penting, Yaitu Tutup Tanki Bahan Bakar


Jika kita mengisi bahan bakar pada kendaraan kita, tentu saja yang pertama kita lakukan yaitu membuka tutup tangkinya dahulu. Tutup tangki bahan bakar atau fuel tank cap tentunya dipasang dengan maksud tertentu. Bayangkan saja bila tutup tangki bahan bakar tidak ada, tentunya bahan bakar akan cepat habis karena bahan bakar sifatnya mudah menguap.

Untuk fungsi dari tutup tangki bahan bakar, untuk garis besarnya memiliki fungsi yaitu untuk menutup ruangan bahan bakar atau tangki bahan bakar agar bahan bakar tidak menguap. Tutup tangki yang merupakan komponen yang sederhana ini yang terpasang kendaraan selain fungsi hanya sebagai penutup ruang bahan bakar juga memiliki fungsi yang lain untuk kelancaran dalam berkendara. Tentunya pembaca tidak ingin jika saat berkendara tiba-tiba mogok bukan. Pernah ada cerita ada sebuah mobil produk baru, ketika mobil itu ingin mengisi bensin di pom A, tetapi pom bensin itu selalu ramai dan antrinya sangat panjang dan jika siang hari cuacanya sangat panas. Mobil itu pun antri tapi setelah beberapa lama mengantri, mobil tersebut kemudian mengalami masalah, tiba-tiba mesinnya mati dan akhirnya mogok saat mengantri bahan bakar di pom A tersebut.  Anehnya kejadian tersebut hanya terjadi disana, karena jika mengisi di pom yang lain karena antrinya tidak begitu panjang hal tersebut tidak terjadi. Pengemudinya berfikir apa karena antrinya yang terlalu panjang sehingga mobil tersebut mogok, tetapi anehnya mobil yang lain yang antri di pom A tidak mogok. Apakah pembaca tahu apa yang menyebabkan mobil itu mogok? Penyebabnya tidak lain hanya karena tutup tangki bahan bakarnya. Rancangan mobil baru itu ternyata untuk ventilasi bahan bakar dari tangki nya kurang tepat, sehingga seperti tidak memiliki ventilasi di ruang bahan bakar. Kenapa hanya karena ventilasi yang tidak ada bisa menyebabkan kendaraan mogok? Tentunya jika pembaca pernah mempelajari tentang fisika dibangku sekolah akan lebih mudah memahaminya. Logikanya kita mainkan air dengan sedotan ketika air dihisap kemudian salah satu ujungnya kita tutup dengan tangan kemudian kita angkat sedotannya keatas, airnya tidak akan tumpah bukan? Hal ini dikarenakan tidak ada ventilasi pada sedotan tersebut. Jadi jika tangki bahan bakar tidak memiliki ventilasi maka bakan bakar akan berat untuk dihisap, hal ini akan menambah beban dari pompa bahan bakar.

Kembali ke fungsi dari tutup tangki bahan bakar. Tutup tangki bahan bakar terdiri dari beberapa komponen, yang masing-masing komponen pada tutup tangki bahan bakar tentunya memiliki fungsi sendiri-sendiri dan menjadi satu dan menjadi fungsi dari komponen tutup tangki bahan bakar. Fungsi dari tutup tangki bahan bakar dapat dijelaskan sebagai berikut ini:

Karet tutup tangki bahan bakar
Karet tutup tangki bahan bakar terletak dibawah bibir tutup tangki bahan bakar. Fungsi dari karet tutup tangki bahan bakar ini adalah sebagai penyekat antara lubang tutup tangki dan bahan bakar agar tidak terjadi kebocoran. Jika terjadi kebocoran tentu saja bahan bakar akan cepat habis dan pastinya akan merugikan pengendara karena harus menambah biaya untuk membeli bahan bakar apalagi sekarang ini harga 1 liter bahan bakar lumayan mahal. Selain itu juga untuk mencegah kerusakan cat pada bodi kendaraan dikarenakan bahan bakar yang keluar. Bahan bakar bila terkena cat dapat merusak bagian cat tersebut. Selain itu juga berfungsi untuk mencegah masuknya air. Jika antara tutup tangki bahan bakar dan tangki bahan bakar tidak rapat, maka saat terjadi hujan kemungkinan air dapat masuk kedalam tangki. Jika hal itu terjadi maka akan mengurangi kinerja motor, karena air yang masuk ke tangki bahan bakar bisa saja dipompa dan dimasukkan ke ruang bakar. Bila hal itu terjadi kemungkinan kendaraan dapat mogok. Selain itu air yang mengendap di bawah tangki dapat menyebabkan korosi atau karat pada tangki. Seperti yang kita ketahui besi yang terkena air akan mudah terbentuk karat.

Lubang ventilasi ditutup tangki bahan bakar
Lubang ventilasi sudah dijelaskan pada awal tadi, bahwa fungsinya sangat penting sehingga pada setiap kendaraan tentunya pasti terdapat lubang ventilasi pada tutup tangki bahan bakarnya. Lubang ventilasi memiliki fungsi agar tidak terjadi penyumbatan yang dapat menyumbat aliran bahan bakar yang menuju ke injektor atau karburator karena ventilasi tersumbat dan juga agar tidak terjadi kevakuman tekanan udara di dalam tangki bahan bakar.

Pegas tutup tangki bahan bakar
Pegas tutup tangki bahan bakar ini berfungsi untuk menekan tutup tangki ke lubang tangki bahan bakar agar karet tutup tangki dapat bekerja secara maksimal atau lebih mudahnya agar antara tutup tangki dan lubang tangki bahan bakar agar benar-benar rapat.

Kunci tutup tangki
Kunci tutup tangki tidak semua kendaraan terdapat. Tetapi kunci tutup tangki ini juga memiliki fungsi yaitu untuk mencegah tutup tangki bahan bakar terbuka dengan sendirinya. Selain itu kunci tutup tangki juga berfungsi untuk mengamankan tangki bahan bakar dari kejahatan teman-teman pembaca sekalian, misal ada teman pembaca yang jahil ingin memasukkan suatu komponen ke dalam tangki baik air atau yang lain yang bertujuan untuk membuat kendaraan anda mogok atau bisa saja ingin menguras tangki bahan bakar anda. Tentu saja hal ini tidak anda inginkan bukan. Oleh sebab itu kunci tutup tangki bahan bakar juga memiliki fungsi yang penting.


Demikian penjelasan dari saya tentang tutup tangki bahan bakar. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, terima kasih banyak atas kunjungan pembaca sekalian.

Post a Comment for "Komponen Kecil Tapi Sangat Penting, Yaitu Tutup Tanki Bahan Bakar"