Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konstruksi Pemantik Api Busi


Busi merupakan benda kecil yang memiliki fungsi untuk memercikkan bunga api. Busi merupakan sumber terjadinya percikkan api. Tanpa adanya busi, motor bensin tidak mungkin dapat menyala. Didalam busi tersusun dari berbagai komponen, konstruksi dari busi itu sendiri antara lain:

Insulator keramik
Untuk mencegah terjadi kebocoran tegangan maka dibutuhkan suatu komponen yang dapat mencegah bocornya tegangan. Insulator keramik ini lah yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran tegangan. Insulator keramik dipasang antara elektroda tengah dan casing dan juga berfungsi untuk pemegang elektroda.

Casing
Komponen casing ini berfungsi sebagai penyamngga dari komponen insulator keramik dan juga berfungsi sebagai mounting antara busi dan mesin.

Elektroda tengah
Elektroda tengah ini terdiri dari banyak komponen, yaitu
Sumbu pusat atau center shaft yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dan meradiasikan panas yang timbul dari elektroda
Seal glass atau kaca yang berfungsi untuk merapatkan antara sumbu pusat dan insulator keramik dan juga sebagai pengikat antara sumbu pusat dan elektroda tengah
Resistor berfungsi untuk mengurangi gangguan dari sinyal frekuensi yang dapat mengganggu kinerja dari busi dan juga sebagai peredam suara yang ditimbulkan oleh busi
Inti tembaga atau copper core yang berfungsi merambatkan panas yang ditimbulkan oleh elektroda agar cepat dingin
Elektroda tengah yang berfungsi untuk membangkitkan atau menimbulkan percikkan bunga api ke ground atau elektroda massa

Elektroda massa
Bahan pembuatan dari elektroda massa atau elektroda samping ini terbuat dari bahan yang sama untuk pembuatan elektroda tengah. Elektroda massa berfungsi sebagai massa agar busi dapat memercikkan bunga api.


Demikian penjelasan dari saya tentang konstruksi dari busi. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, terima kasih banyak atas kunjungan pembaca sekalian.

Post a Comment for "Konstruksi Pemantik Api Busi"