Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemeriksaan Tinggi Karburator Sepeda Motor

Perawatan pada sistem karburator salah satunya adalah menjaga tinggi bahan bakar didalam ruang pelampung. Tinggi bahan bakar didalam ruang pelampung harus dijaga agar kerja mesin dapat optimal dan mesin tidak akan mbrebet saat digas.

Untuk mengetahui tinggi pelampung pada karburator sepeda motor maka yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama lepas karburator dari sepeda motor kemudian lepas sekrup yang mengikat ruang pelampung.
  2. Setelah terbuka lalu balikan karburator agar lengan pelampung bebas.
  3. Setelah itu ukurlah tinggi pelampung dengan menggunakan jangka sorong atau dapat juga menggunakan alat pengukur tinggi pelampung (float level gauge) pada saat lidah pelampung menyentuh dengan ujung jarum pelampung atau needle valve.
  4. Bandingkan hasil pengukuran tinggi pelampung dengan spesifikasinya.
  5. Jika ukuran tinggi pelampung tidak sesuai dengan spesifikasi maka lakukan langkah perbaikan dengan cara membengkokkan lidah pelampung sampai mendapatkan ketinggian pelampung yang sesuai dengan spesifikasi.
Gambar. Pemeriksaan tinggi pelampung
Catatan:

  1. Ukuran spesifikasi untuk tinggi pelampung setiap kendaraan berbeda-beda. Untuk lebih pastinya anda harus melihat pada buku manual untuk masing-masing kendaraan tersebut agar ukurannya dapat sesuai.
  2. Pada sebagian merk sepeda motor misalnya saja merk Honda, untuk tinggi pelampung tidak dapat disetel karena pelampung terbuat dari plastik sehingga bila terjadi kerusakan atau ketidak sesuian tinggi pelampungnya maka pelampung harus diganti dengan yang baru dan sebaiknya pakailah spare part yang ori. 

Untuk lebih jelasnya sobat dapat lihat pada video berikut ini:

Post a Comment for "Pemeriksaan Tinggi Karburator Sepeda Motor"