Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Las

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEORI

Sekolah                       : SMK Muhammadiyah 1 Imogiri
Mata Pelajaran            : Pengelasan
Kelas/ Semester         : X TSM/ 1
Alokasi Waktu             : 3 (3 x 45 menit)
Pertemuan ke             : 1- 3
Standar Kompetensi   : Melakukan Prosedur Pengelasan, Pematrian, Pemotongan Dengan
  Panas Dan Pemanasan
Kompetensi Dasar      : Melakukan Prosedur Pengelasan dengan las listrik

A.    Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.    Menjelaskan definisi sambungan las manurut ISO
2.    Menjelaskan ruang lingkup pekerjaan las
3.    Menjelaskan macam-macam las
4.    Menjelaskan definisi pengelasan listrik
5.    Menjelaskan prosedur pengelasan listrik
6.    Meyebutkan jenis-jenis elektroda las
7.    Menjelaskan keselamatan dan kesehatan kerja selama pengelasan
B.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu menjelaskan pengertian sambungan las menurut ISO dengan benar
2.    Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup pekerjaanpengelasansecaratepat
3.    Siswa mampu menjelaskan macam-macampengelasansecarabenar
4.    Siswamampumenjelaskan definisi las listrik dengan benar
5.    Siswamampumenjelaskan menjelaskan prosedur las listrik dengan benar
6.    Siswamampumenjelaskan macam-macam elektroda las secara tepat
7.    Siswamampumenjelaskan K3 selama pengelasan
C.   Materi Pembelajaran
1.    Definisi sambungan las menurut ISO
2.    Ruang lingkup pekerjaan las
3.    Macam-macam pengelasan
4.    Las listrik
5.    K3 selama pengelasan
D.   Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi dan pemberian tugas
E.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
No
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
1
Pendahuluan
a.    Mengucapkan salam pembuka, doa, presensi dan mengkondisikan siswa dalam situasi belajar
b.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
c.    Memberikan apersepsi dengan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari
20
2
Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
1)    Menjelaskan tentang materi definisi sambungan las menurut ISO
2)    Menjelaskan ruang lingkup pekerjaan las
3)    Menjelaskan macam-macam pengelasan
b.    Elaborasi
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi mengenai materi pengelasan
c.    Konfirmasi
Menanyakan kepada siswa tentang materi pengelasan yang belum jelas
95
3
Penutup
a.    Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah diajarkan
b.    Siswa diminta mempelajari materi yang akan dilakukan pada pertemuan yang akan datang
20
Pertemuanke-2
No
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
1
Pendahuluan
a.    Mengucapkan salam pembuka, doa, presensi dan mengkondisikan siswa dalam situasi belajar
b.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
c.    Memberikan apersepsi dengan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari
20
2
Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
1)    Menjelaskan tentang materi definisi sambungan las listrik
2)    Menjelaskan cara pengelasan dengan lastrik
3)    Menjelaskan cara pengaturan arus las listrik
b.    Elaborasi
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi mengenai materi pengelasan
c.    Konfirmasi
Menanyakan kepada siswa tentang materi pengelasan yang belum jelas
95
3
Penutup
a.    Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah diajarkan
b.    Siswa diminta mempelajari materi yang akan dilakukan pada pertemuan yang akan datang
20
Pertemuanke-3
No
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
1
Pendahuluan
a.    Mengucapkan salam pembuka, doa, presensi dan mengkondisikan siswa dalam situasi belajar
b.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
c.    Memberikan apersepsi dengan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari
20
2
Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
1)    Menjelaskan tentang materi tentang elektroda las
2)    Menjelaskan tentang keselamatan dan kesehatan kerja selama proses pengelasan
b.    Elaborasi
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi mengenai materi pengelasan
c.    Konfirmasi
Menanyakan kepada siswa tentang materi pengelasan yang belum jelas
95
3
Penutup
a.    Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah diajarkan
b.    Siswa diminta mempelajari materi yang akan dilakukan pada pertemuan yang akan datang
20

F.    Alat dan Bahan Pembelajaran
1.    Papan tulis
2.    Proyektor LCD
G.   Sumber Pembelajaran
1.    Tim. (2004). Melakukan Prosedur Pengelasan, Pematrian, Pemotongan Dengan Panas Dan Pemanasan. Jakarta: Kemendikbud


H.   Penilaian
No
Indikator penilaian
Bobot
1
Tugas mencari artikel di internet (tugas tidak terstruktur)
20%
2
Ujian harian soal essay (tugas terstruktur)
20%
3
Mid semester
20%
4
Ujian akhir semester
40%
Total Skor
100%


                                                                              


Bantul,    Juli 2016
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah





Drs. H. Nur Wahyuntoro
Juan Prasetyadi, S.Pd.
NIP. 19630903 198803 1 008

                                                                                                                                         



Lampiran.Soal
A.    Tugas makalah
Buatlah makalah tentang materi pengelasan dengan las listrik, sumber dari internet dan buku. Diprint dikertas hvs ukuran f4 dengan huruf arial ukuran 11/ times new roman ukuran 12 dengan spasi 1,5 minimal 4 lembar. Dibuat berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 siswa
B.    Soal essay
No
Soal
Bobot
1
Jelaskan pengertian las busur listrik?
20
2
Bagaimana cara penyalaan las busur listrik?
20
3
Bagaimana cara menggerakkan elektroda?
20
4
Sebutkan jenis-jenis mesin las listrik
20
5
Jelaskan yang dimaksud dengan kode E 6013 pada elektroda
20
Jawaban
1.    Las busur listrik adalah salah satu cara menyambung logam dengan jalan menggunakannya las busur listrik yang diarahkan kepermukaan logam yang akan disambung. Pada bagian yang terkena busur listrik tersebut akan mencair,  demikian juga elektroda yang menghasilkan busur listrik akan mencair pada ujungnya dan merambat terus sampai habis.
2.    Penyalaan busur listrik dapat di lakukan dengan menghubungkan singkat ujung elektroda dengan logam induk (yang akan dilas) dan segera memisahkan lagi pada jarak yang pendek, hal tersebut dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan digores-goreskan dan dipatuk-patukan
3.    Cara menggerakkan elektroda
a.    Dengan cara melingkar
b.    Dengan cara zig-zag
c.    Dengan cara segitiga
4.    Jenis mesin las listrik antara lain:
a.    Mesin las listrik arus AC
b.    Mesin las listrik arus DC
c.    Mesin las listrik arus AC dan DC
5.    E 6013
Artinya:
E         : Elektroda
60       : Kekuatan tarik minimum dengan deposit las adalah 60.000 Ib/in2 atau
   42 kg/mm2
  1          : Dapat dipakai untuk pengelasan segala posisi
3         : Jenis selaput elektroda Rutil-Kalium dan pengelasan dengan arus AC atau DC
  + atau DC



Post a Comment for "RPP Las"