-->

Sistem Pelampung pada Karburator

Sistem bahan bakar konvensional pada kendaraan yang menggunakan karburator sebagai pencampur bahan bakar dan udaranya berbeda dengan sistem bahan bakar injeksi. Dalam sistem bahan bakar konvensional menggunakan karburator terdapat banyak sistem didalamnya, salah satunya adalah sistem pelampung.

Sistem pelampung pada karburator dikendaraan diperlukan untuk menjaga supaya permukaan bahan bakar yang ada diruang pelampung selalu konstan. Pada ruang pelampung, komponen-komponen yang terdapat pada sistem pelampung adalah pelampungnya sendiri atau float dan katup jarum atau needle valve.
 Gambar. Sistem pelampung

Komponen pelampung atau float akan bergerak naik atau turun sesuai dengan tinggi permukaan bahan bakar yang ada diruang pelampung, sedangkan katup jarum atau needle valve berfungsi untuk membuka atau menutup saluran bahan bakar yang akan masuk ke ruang pelampung dari pompa bahan bakar. cara kerja dari sistem pelampung ini adalah ketika permukaan bahan bakar berkurang di dalam ruang pelampung, maka pelampung atau float akan turun sehingga katup jarum atau needle valve akan membuka saluran masuk. Ketika katup jarum atau needle valve membuka maka bahan bakar dari pompa bahan bakar mengalir masuk ke ruang pelampung di karburator. Selanjutnya ketika permukaan bahan bakar dalam ruang pelampung naik, maka pelampung ikut naik sehingga katup jarum menutup saluran bahan bakar. Ketika katup jarum atau needle valve menutup saluran maka bahan bakar dari pompa bahan bakar tidak akan masuk ke ruang pelampung di karburator atau dengan kata lain aliran bahan bakar terhenti. Proses tersebut akan terus terjadi berulang-ulang sehingga permukaan bahan bakar akan selalu konstan walaupun putaran mesin berubah-ubah. Dalam kenyataannya katup jarum terdiri atas katup jarumnya sendiri, pegas dan pin. Pada katup jarum atau needle valve terdapat pegas didalamnya yang berfungsi sebagai pencegah pembukaan katup jarum ketika kendaraan melewati jalan yang tidak rata atau saat kendaraan terguncang.

... Semoga Bermanfaat ...
LihatTutupKomentar