Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Tenaga (Power System) pada Karburator


Gambar. Sistem tenaga

Pada mobil yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional atau masih menggunakan karburator, didalam karburator dilengkapi dengan berbagai sistem untuk menunjang kinerjanya. Sistem yang ada didalam karburator salah satunya adalah sistem tenaga atau sistem power.

Prymary high speed system atau sistem kecepatan primer ini direncanakan untuk pemakaian bahan bakar yang irit atau ekonomis. Apabila kendaraan dalam keadaan beban berat misalnya saja saat menanjak maka prymary high speed system atau sistem kecepatan primer tidak akan cukup mampu untuk mengatasinya tanpa adanya tambahan suplai bahan bakar. Untuk mengatasi hal ini, maka suplai bahan bakar akan ditambah dan untuk tambahan bahan bakar ini disuplai oleh sistem power atau sistem tenaga sehingga campuran udara dan bahan bakar akan menjadi kaya atau gemuk yaitu sekitar 12-13 : 1.

Cara kerja dari sistem tenaga atau sistem power ini adalah apabila katup gas hanya terbuka sedikit, sedangkan kevakuman pada intake manifold besar, maka power piston akan terhisap naik pada posisi atas. Karena adanya pegas, maka power valve akan tertekan keatas sehingga power valve tertutup yang artinya sistem tenaga atau sistem power ini belum bekerja.

Apabila pedal gas diinjak lebih dalam lagi sehingga katup gas membuka lebih lebar, maka kevakuman pada intake manifold akan berkurang. Karenan kevakuman pada intake manifold berkurang maka power piston tidak mampu melawan tegangan pegas pada power piston. Jika hal ini terjadi maka power piston akan turun dan menekan power valve sehingga saluran power jet pada power valve terbuka. Pada keadaan seperti ini bahan bakar disuplai dari ruang pelampung melalui prymary main jet dan power jet.

Gambar. Power valve pada sistem tenaga

... Semoga Bermanfaat ...

Post a Comment for "Sistem Tenaga (Power System) pada Karburator"