Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Tegangan Pada Kendaraan Bermotor

Untuk menyalakan kendaraan dan untuk menghasilkan pengapian maka diperlukan tuatu tegangan listrik, dimana tegangan listrik itu berasal? Tengangan listrik tersebut berasal dari sumber teganan, kemudian apa pengertian dan fungsi dari sumber tegangan itu sendiri? Sumber tegangan berfungsi sebagai penyedia tegangan yang diperlukan oleh sistem pengapian, sistem starter maupun sistem penerangan. Sumber tegangan pada kendaraan bermotor pada umumnya dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan tegangan yang digunakan, yaitu:

Sumber tegangan AC (Alternating Current)
Sumber tegangan AC pada kendaraan bermotor berasal dari alternator (kumparan pembangkit dan magnet) yang berfungsi untuk mengubah energi mekanis yang didapatkan dari putaran mesin dan nantinya akan diubah menjadi tenaga listrik dengan arus bolak-balik (AC)

Sumber tegangan DC (Direct Current)
Sedangkan untuk sumber tengan DC pada kendaraan bermotor berasal dari baterai dan didukung oleh sistem pengisian (kumparan pengisian, magnet dan rectifier/ regulator) yang berfungsi sebagai penyedia tegangan DC yang diperlukan oleh kendaraan

Post a Comment for "Sumber Tegangan Pada Kendaraan Bermotor"