Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tipe Pelek Roda


Ban tidak dapat langsung digunakan pada kendaraan, tetapi ban dipasang pada suatu komponen yang biasa kita sebut dengan pelek atau disc wheel. Ban yang sudah dipasang pada pelek maka disebut dengan roda.

Tipe-tipe pelek sebuah roda dapat dikategorikan berdasarkan metode pembuatan dan bahan yang dipakai. Untuk tipe yang umum digunakan yaitu tipe pelek dari baja press dan pelek dari bahan campuran besi tuang ( cast light alloy).

Pelek roda dari baja press
Pada tipe pelek yang dibuat dari baja press (pressed steel disc wheel) ini terdiri dari komponen rim yang langsung dilas ke disc. Komponen disc ini dibuat dengan cara dipress dari lembaran baja. Tipe pelek ini mudah diproduksi dalam jumlah yang banyak dikarenakan dari konstruksinya yang sangat mudah. Tipe pelek dari baja press ini banyak digunakan pada kedaraan dikarenakan kualitasnya yang merata dan ketahannya yang dapat bertahan lama.

Pelek roda dari campuran besi tuang
Pada tipe pelek yang dibuat dari campuran besi tuang (cast light alloy disc wheel) yang terdiri bahan campuran yang terutama dicampur dari bahan aluminium atau magnesium. Pada pelek tipe campuran besi tuang, pembuatan pelek ini bertujuan untuk mengulangi berat dari kendaraan dikarenakan pelek tipe ini lebih ringan dibanding pelek tipe besi press. Selain itu, pelek tipe ini juga dapat menambah penampilan kendaraan agar lebih menarik.

Demikian penjelasan dari saya tentang tipe-tipe pelek roda. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, terima kasih banyak atas kunjungan pembaca sekalian.

Post a Comment for "Tipe Pelek Roda"