Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jitu Mengganti Rantai Sepeda Motor Kesayangan Anda


Rantai sepeda motor juga perlu dilakukan perawatan karena rantai pada sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting karena rantai berfungsi untuk memindahkan tenaga dari transmisi ke roda belakang sepeda motor kita sehingga roda dapat berputar. Seringkali kita tidak memperdulikan kondisi rantai sepeda motor kita, hujan panas kita terjang tapi kita tidak memperdulikan kondisi rantai. Kadang-kadang rantai berkarat pun kita tidak sadar. Rantai kendor pun kita juga tidak sadar, sadarnya jika rantainya lepas kita baru merawatnya. Padahal perawatan pada rantai harus dilakukan sesering mungkin. Sebelum berpergian alangkah baiknya kita cek kondisi rantai, bila rantainya kering kita beri rantai pelumas.

Rantai yang dipakai terus menerus lama kelamaan akan mengalami kerusakan, bila rusak kita harus mengganti atau bila bisa diperbaiki kita perbaiki dahulu. Kali ini saya akan mencoba menulis beberapa tips dalam penggantian ranta sepeda motor, mari kita simak penjelasan berikut ini:

Jangan pernah memotong rantai
Banyak diantara kita yang melakukan hal untuk memotong rantai dengan alasan karena rantai masih baik atau untuk menghemat biaya. Saat berjalan dengan sepeda motor kita temui rantainya terlalu kendor kemudian kita bawa ke bengkel atau kita stel sendiri rantainya agar tidak kendor dengan cara memundurkan roda belakang tetapi jika stelannya sudak mentok biasanya kita minta mekanik untuk potong rantai. Padahal hal tersebut sebaiknya jangan dilakukan karena hal tersebut dapat membahayakan bagi pengendara oleh sebab itu jika bisa jangan pernah melakukan pemotongan rantai. Ganti rantai dengan yang baru dengan bawaan asli dari pabriknya karena untuk masalah harga untuk rantai ori dengan kw selisih harganya tidak begitu banyak. Dengan selisih sedikit apakah pembaca mau mengganti rantai kw yang kualitasnya pasti berada dibawah yang rantai ori.

Ganti gear rantai satu set
Jika rantai sudah kendor dan sudah tidak dapat distel lagi maka sebaiknya pembaca menggantinya. Pada penggantian rantai ini sebaiknya ganti bersama gearnya sekalian jika gear rantai baik depan maupun belakang sudah mengalami keausan dimana keadaan gearnya sudah meruncing atau bahkan patah. Jika kita hanya mengganti rantainya saja tanpa memeperdulikan gearnya maka jika kita gunakan untuk jalan bisa bisa rantainya nanti loncat dan hal ini dapat membahayakan pengendara. Oleh sebab itu jika jika gear sudah meruncing gantilah rantai gear setnya sekalian. Hal ini juga menghemat biaya penggantian, karena sekaligus. Bila satu-satu maka biaya untuk penggantian bisa-bisa lebih mahal.

Gunakan rantai dan gear dengan merk standarnya
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Banyak merk untuk rantai dan gear. Belilah rantai dan gear seuai dengan rekomendasi pabriknya bila rantainya AHM ya belilah yang dari AHM jangan anda belikan yang merk nya indopart atau merk-merk yang lain. Bahan pembuatan nya pasti berbeda antara rantai dan gear yang ori dan yang kw.

Perhatikan pemasangan pengunci rantai dan posisi gearnya
Dalam penggantian rantai dan pemasangan gearnya jangan sampai terbalik. Sebelum anda bongkar perhatikan arah posisi rantai penguncinya dan posisi gearnya. Jika terbalik bisa terpasang tapi akan membahayakan jika digunakan, karena pemasangan yang tidak tepat akan berkemungkina kerja yang kurang optimal atau bahkan bisa lepas.

Perhatikan jumlah gigi gearnya dan panjang rantainya
Jangan sampai kita membeli rantai dan gearnya dengan ukuran yang berbeda dari standarnya. Misalnya untuk sepeda motor supra fit jumlah jumlah gigi pada gear belakang berjumlah 35 gigi, kemudian kita ganti gearnya dengan jumlah gigi 38, mungkin jika posisi lubang bautnya sama, gearnya dapat dipasang tetapi nanti akibatnya pada putaran mesinnya, bila giginya gear belakang bertambah banyak maka kecepatan maksimal yang dapat dicapai akan turun tetapi torsinya meningkat, sebaliknya jika jumlah gigi pada gear belakangnya lebih sedikit, maka kecepatannya dapat mencapai lebih cepat tetapi untuk torsinya menjadi berkurang. Begitu pula jika panjang rantai tidak sama atau terlalu panjang maka kita perlu memotong rantainya. Rantai dan gear yang tidak sesuai juga dapat mengakibatkan rantai loncat atau rantai kocak pada gearnya, tentu bila hal ini terjadi dapat membahayakan pengendara.


Demikian penjelasan dari saya tentang tips penggantian rantai. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, terima kasih banyak atas kunjungan pembaca sekalian.

Post a Comment for "Tips Jitu Mengganti Rantai Sepeda Motor Kesayangan Anda"