Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjadi Boncenger Yang Aman Dan Nyaman


Meskipun anda tidak sedang mengendarai sepeda motor, tetapi anda hanya menjadi boncenger sejati. Anda juga harus memperhatikan hal-hal yang aman dan nyaman baik untuk anda yang sedang dibonceng maupun yang didepan yang sebagai pengemudi.

Tips-tips untuk anda yang sebagai boncenger, anda dapat melakukan:

Pakailah helm
Meskipun anda cuma membonceng, tetapi anda juga perlu memakai alat keselamatan untuk kepala anda sendiri yaitu pakailah helm yang berstandar SNI dan jagan lupa helmnya dikunci, agar jika terjadi benturan anda akan aman.

Pakailah jaket, celana panjang dan sepatu
Jika anda sebagai boncenger dan takut kulit anda menjadi gelap, pakailah jaket, celana panjang dan sepatu. Selain itu, pakaian tersebut dapat membuat nyaman anda. Anda tidak akan terkena terpaan udara, polusi maupun sinar matahari secara langsung.

Duduklah yang benar
Posisi duduk yang tidak benar bila dilakukan oleh seorang boncenger, maka akan menyusahkan bagi sang pengemudi nantinya. Jika anda sebagai boncenger, duduklah dengan baik jangan banyak bergerak-gerak. Kemudian kaki anda menapak atau menginjak pada footstep untuk menjaga keseimbangan badan anda.

Pegang sang pengemudi atau begel motor
Tidak ada salahnya jika anda berpegangan pada pengemudi untuk menjaga keamanan jika sewaktu-waktu mengemudi mengegas dadakan atau mengerem dadakan. Kalau anda malu atau buka mukrim, anda bisa pegangan pada begel sepeda motor.

Jangan memboncengkan lebih dari 1 orang
Sepeda motor idealnya digunakan untuk 2 orang, 1 pengemudi dan 1 yang dibonceng. Jangan pernah memboncengkan lebih dari 1 orang. Tapi jika salah satunya anak kecil masih bisa sepeda motor digunakan untuk 3 orang. Tetapi untuk orang dewasa idealnya sepeda motor diperuntukkan untuk 2 orang.

Jangan mainan HP
Ini yang masih banyak dilakukan oleh boncenger, yaitu mainan hp. Mainan hp sewaktu berada dijalan bisa membahayakan anda. Jika anda mainan hp walaupun anda diposisi yang dibonceng itu juga membahayakan sebab anda tidak akan konsentrasi pada jalan dan anda sudah pasti akan melepas pegangan. Pikirkan jika tiba-tiba pengemudi mengerem tiba-tiba anda akan terpental maju, tapi kalau pengemudi mengegas tiba-tiba anda akan terpental muncur. Jika anda jatuh siapa yang rugi?

Mungkin itu tips dari saya bagi para boncenger, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan nya

Post a Comment for "Tips Menjadi Boncenger Yang Aman Dan Nyaman"