Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untungnya Pakai Ban Tubeless

Akhir-akhir ini sering kita dengar istilah ban tubeless. Banyak orang yang berpendapat bahwa ban tubeless lebih baik dibanding dengan ban biasa. Apakah pembaca tahu apa benar ban tubeless lebih unggul dari ban biasa? Memang ban tubeless lebih unggul dari ban biasa, kelebihannya sendiri terletah pada konstruksi dari ban tubeless sendiri. Kemudian beda antara ban tubeless dan ban biasa tentu saja pada konstruksi nya. Pada ban biasa kita kenal dengan istilah adanya ban dalam dan ban luar tetapi pada ban tipe tubeless sudah tidak lagi memakai ban dalam.

Tekanan udara pada ban tubeless hanya ditahan oleh lapisan dari dalam ban itu sendiri, yaitu lapisan karet yang kedap oleh udara. Untuk pentilnya sendiri, karena ban tubeless tidak lagi memakai ban dalam maka petil langsung dipasang di pelek roda.

Keuntungan dari ban tipe tubeless dibanding dengan ban biasa yang menggunakan ban dalam yaitu bila kita sedang mengendarai kendaraan dan tiba-tiba ban tertusuk paku atau benda tajam lainnya sehingga menyebabkan ban bocor, bila kita menggunakan ban biasa dengan ban dalam maka ban akan langsung kempes seketika. Namun berbeda jika kita menggunakan ban tipe tubeless, ketika ban tertusuk paku makaban tidak akan langsung kempes, kenapa bisa? Hal ini terjadi karena lapisan karet yang ada didalam ban tubeless itu sendiri, lapisan dalam akan langsung merapat ketika ban tertusuk paku dengan catatan paku tidak dilepaskan. Akan tetapi efek merapatkan dari lapisan dalam ban tubeless ini juga tidak akan lama menjaga udara agar tidak keluar dari dalam ban, oleh sebab itu ban tubeles yang tertusuk paku tidak akan kempes walaupun kendaraan sedang berjalan sehingga pengendara tidak akan kehilangan kontorl pada kendaraannya, tapi lama kelamaan tekanan udara akan keluar dari ban karena ban tubeless hanya membuat kebocoran udara menjadi lambat.

Walaupun memiliki kelebihan bahwa ban tipe tubeless tidak akan langsung kempes ketika ban tertusuk paku. Hal ini berarti bahwa jika kitamenggunakan ban tipe tubeless pada kendaraan kita, maka kita harus sesering mungkin mengecek kondisi ban sebelum mengendarainya, sebab kita kita tidak akan tahu jika ban tubeless kita sedang tertusuk paku. Jika kita tidak mengecek kondisi ban tubelessnya padahal ban sedang tertusuk paku, maka jika kita mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi bisa terjadi hal yang berbahaya. Hal ini disebabkan, kecepatan putar ban yang cepat bisa saja membuat paku yang tertancap pada ban terlempar keluar akibat gaya sentrifugal. Jika paku terlempar keluar maka ban akan langsung kempes dan komponen ban bisa rusak ditambal.

Untuk kontruksi konstruksi pada ban tubeless dapat dilihat pada gambar dibawah ini:


Demikian penjelasan dari saya tentang keuntungan dari penggunaan ban tubeless. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, terima kasih banyak atas kunjungan pembaca sekalian.

Post a Comment for "Untungnya Pakai Ban Tubeless"