Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Cetane Number Solar ? Cari Tahu Disini

Pеngеrtіаn сеtаnе numbеr - di negeri kita indonesia, kendaraan khususnya mobil yang bermesin diesel kurang begitu populer di mata masyarakat dibandingkan mobil yang bermesin bensin. Jadi jangan heran jika lebih banyak orang indonesia yang paham dengan angka oktan bila dibandingkan dengan angka cetane atau cetane number ini. Padahal kedua istilah tersebut merupakan sebuah faktor yang mengindikasikan kualitas dari suatu bahan bakar yang nantinya akan digunakan sebagai bahan bakar mesin.

Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini akan mencoba menjelaskan mengenai apa itu angka cetane atau setane number yang terdapat pada bahan bakar solar untuk diesel.



Pеngеrtіаn аngkа сеtаnе ( ѕеtаnа )

Angka cetane ialah sebuah bilangan angka mulai dari angka 0 ( nol ) hingga 100 yang mana menunjukkan kualitas bahan bakar solar berdasarkan relatifitas pembakarannya. Angka cetane ini ialah merupakan salah satu dari beberapa faktor yang terukur guna menunjukkan karakteristik dari keseluruhan serta kualitas bahan bakar solar.

Angka cetane pada solar ini berbanding terbalik dengan angka oktan yang terdapat pada bahan bakar bensin, bila pada bahan bakar bensin, semakin tinggi nilai oktan nya maka bensin tersebut akan sukar untuk dibakar. Sedangkan pada bahan bakar solar adalah kebalikannya, semakin tinggi nilai cetane pada solar, maka semakin mudah solar tersebut untuk terbakar. Jadi bila dimisalkan sebuah bahan bakar solar memiliki angka cetane 54 lebih mudah terbakar bila dibandingkan solar dengan nilai cetane 51. Jadi semakin tinggi nilai cetane pada solar maka semakin tinggi pula kualitas dari bahan bakar tersebut.

Baca juga : Pеngеrtіаn Angkа Oktаn Pаdа Bаhаn Bаkаr Bеnѕіn

Perlu anda ketahui juga bahwa pada bahan bakar mesin diesel ini mengandung beratus ratus hidrokarbon yang berbeda beda, sedangkan CETANE nya hanya satu, bahan bakar solar ini harus dapat menyala ketika silinder berada di titik kompresi didalam ruang silindrer, dan karena cetane ini adalah kandungan yang paling mudah menyala didalam ruang bakar mesin diesel, maka nilai cetane inilah yang selanjutnya digunakan sebagai satuan standar dalam menggambarkan mudah tidaknya pembakaran relatif suatu bahan bakar solar.

Kеnара ѕеmаkіn tіnggі nіlаі сеtаnе іtu bаguѕ untuk mеѕіn dіеѕеl ?

Seperti yang kami jelaskan diatas bahwa semakin tinggi bilangan cetane solar, maka semakin bagus pula kualitasnya karena solar tersebut tentunya sangat gampang sekali terbakar. Implikasinya adalah bila suatu bahan bakar solar ini gampang terbakar saat dikompresi, maka ketukan yang terjadi pada saat proses pembakaran di mesin diesel tentu akan berkurang, hal ini akan berimbas pada semakin halusnya suara mesin diesel mobil kita. Dengan begitu mobil pun akan terasa lebih nyaman dikendarai, tenaga bisa lebih maksimal.

Cеtаnе numbеr ѕоlаr уаng bаguѕ bеrара ?

Pada umumnya angka cetane atau cetane number ( CN ) berkisar di antara 40 hingga 55, nah dari angka tersebut tentu saja anda akan langsung tahu solar dengan CN berapa yang bagus. Di stasiun pengisian bahan bakar di indonesia rata rata banyak yang menjual solar dengan 3 varian bahan bakar untuk mesin diesel yakni Solar ( solar subsidi ) yang memiliki angka cetane sebesar 48, kemudian di ikuti dengan dexlite dan juga dex yang masing masing memiliki angka cetane di angka 51 dan 53.


Cаtаtаn tаmbаhаn lаіn mеngеnаі bаhаn bаkаr dіеѕеl

Selain angka cetane pada bahan bakar mesin diesel, anda pun juga perlu memperhatikan kandungan gas sulfur yang ada didalam bahan bakar tersebut. Semakin tinggi kandungan dari sulfur didalam suatu bahan bakar akan dapat memicu timbulnya karat pada bagian sistem commonrail yang nantinya akan menyumbat dan mengganggu kinerja mesin. Biodiesel dari pertamina memiliki kandungan sulfur sebanyak 500 ppm yang mana jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan solar biasa ( solar subsidi ) yang memiliki kandungan sulfur sebanyak 3.500 ppm.

Nah sebagai pemilik dan juga pengguna mobil bermesin diesel anda pun wajib hukumnya mengetahui hal hal yang anda anggap sepele seperti ini agar nantinya bisa dengan bijak dalam memilih suatu bahan bakar. bahan bakar mesin diesel yang memiliki nilai cetane tinggi dan kandungan sulfur yang rendah sangat disarankan untuk digunakan pada mesin kendaraan kita karena mesin akan terjaga kebersihannya dan bebas dri deposit yang dapat merusak mesin.

Baca juga : Iѕuzu Elf dаn Mіtѕubіѕhі Cоlt Dіеѕеl Pіlіh Mаnа ?




Post a Comment for "Apa Itu Cetane Number Solar ? Cari Tahu Disini"