Apa Itu PCD Pada Velg Dan Cara Mengukur PCD Velg

Mоdіfіkаѕі vеlg mоbіl - bagi sebagian modifikator khususnya modifikasi bagian velg mobil tentu mengenal dengan yang namanya PCD. PCD adalah kependekan dari Pitch Circle Diametre. PCD juga dikenal dengan istilah lain seperti BCD ( Bolt Circle Diametre ), stud pattern, ataupun bolt pattern.

PCD pada sebuah velg mobil adalah salah satu aspek penting selain offset, diameter tengah ( center bore ) dan juga dimensi velg seperti diameter velg dan juga lebar velg, ketika anda akan memutuskan untuk mengganti velg mobil secara mandiri dirumah dengan velg custom atau variasi non standar.

 bagi sebagian modifikator khususnya modifikasi bagian velg mobil tentu mengenal dengan ya Apa Itu PCD Pada Velg Dan Cara Mengukur PCD Velg


Yang perlu anda ingat adalah sebagus apapun model dari velg mobil serta sekuat apapun material yang digunakan, bila PCD yang terdapat pada velg tadi tidak cocok, maka velg tersebut tidak akan bisa dipasang dan menempel dengan sempurna. Kecuali anda menambahkan spacer adaptor yang mampu mengakali bila PCD velg tidak sesuai.


Cаrа mеnghіtung PCD vеlg

Seperti yang telah kita singgung pada awal artikel tadi bahwa PCD adalah salah satu aspek penting ketika kita hendak mengganti velg mobil, sehingga andapun sebaiknya juga harus mengetahui bagaimana cara mengukurnya, sebab ukuran PCD ini banyak sekali dan antar 1 mobil dengan mobil lainnya bisa berbeda beda. Misalkan saja PCD yang ada pada mobil Toyota fortuner pun bisa jadi berbeda dengan PCD Isuzu MU-X.

 bagi sebagian modifikator khususnya modifikasi bagian velg mobil tentu mengenal dengan ya Apa Itu PCD Pada Velg Dan Cara Mengukur PCD Velg
Gаmbаr саrа hіtung PCD vеlg mоbіl


Dalam mengukur sebuah PCD velg kita harus memperhatikan dua hal yaitu jumlah dari lubang baut atau hole yang ada, serta diameter lingkaran pada keseluruhan baut itu sendiri. Untuk menghitung hole sangat gampang, tinggal hitung saja berapa banyak lubang untuk mur roda yang terpasang, biasanya ada yang 4 lubang seperti yang ada pada Toyota avanza, 5 lubang seperti yang ada pada Toyota kijang innova atau 6 lubang seperti yang ada pada Toyota fortuner.

Nah kalau untuk mengukur diameter keseluruhan dari lubang baut ( PCD ) tadi perlu keahlian dalam menghitungnya? Sebab anda memang tidak akan melihat adanya sebuah lingkaran untuk dihitung diameternya. PCD ini adalah ukuran diameter lingkaran dari masing masing lubang baut yang membentuk pola seperti lingkaran, kemudian kita tarik garis lurus antara dua buah baut yang posisinya paling terjauh dan dihitung dalam satuan ukur milimeter.

Pengukuran PCD ini lebih mudah dilakukan pada velg yang memiliki 4 atau 6 lubang baut ketimbang yang memiliki 5 lubang baut. Untuk contoh pengukuran silahkan lihat gambar dibawah ini. Jika anda tidak tahu dan masih bingung, silahkan serahkan kepada sang ahli, cukup anda datang ke bengkel mobil ataupun toko velg variasi dan meminta tolong untuk mengukurkan PCD roda mobil anda.

Sedikit gambaran untuk ukuran PCD velg yang umumnya digunakan untuk mobil diantaranya adalah :
4 x 100 mm, 4 x 114,3 mm, 5 x 114,3, 5 x 139,7 mm, 6 x 139,7 mm, 6 x 139,7 mm.


Duаl PCD Pаdа Vеlg Mоbіl

Ada jenis velg custom yang memiliki ukuran PCD lebih dari satu atau yang sering disebut dengan istilah dual PCD. Velg dual PCD ini adalah sebuah velg yang memiliki lubang baut atau hole ganda dan memiliki dua ukuran PCD yang berbeda, basic nya adalah pada hole velg standar yang digandakan. Contoh, untuk velg custom single 4 hole, untuk versi yang dual PCD tentu akan memiliki 8 lubang baut ( hole ), begitu juga dengan yang ukuran single PCD memiliki hole sejumlah 5, maka untuk versi dual PCD nya tentu saja memiliki 10 hole atau lubang baut.

 bagi sebagian modifikator khususnya modifikasi bagian velg mobil tentu mengenal dengan ya Apa Itu PCD Pada Velg Dan Cara Mengukur PCD Velg
Cоntоh vеlg duаl PCD untuk mоbіl dеngаn 4 bаut rоdа


Kelebihan velg dual PCD ini adalah velg tersebut bisa dipasangkan di lebih dari 1 jenis kendaraan yang memiliki ukuran PCD berbeda, sebagai contoh velg dual PCD dengan ukuran PCD nya 8 x 100-114, ini artinya velg dual PCD tersebut dapat dipasangkan ke mobil yang memiliki ukuran PCD pada velg standar 4 x 100 ataupun yang memiliki PCD standar ukuran 4 x 114.

Pеnggunааn vеlg rасіng rерlіkа

Karena mahalnya harga dari velg custom dipasaran banyak para owner mobil yang kemudian menjatuhkan pilihan mereka pada velg replika atau non original, biasanya buatan taiwan. Walaupun tidak semuanya, velg replika ini rata rata sangat rawan pecah dijalan terutama saat mobil dipakai dalam kecepatan tinggi dan menghantam lubang. Oleh sebab itu bila anda jatuh hati dengan sebuah model velg mobil dimana harga ori nya sangat mahal, pastikan anda membeli velg replika yang berkualitas.

Baca juga : Inіlаh bаhауа mеmаkаі vеlg rерlіkа раdа mоbіl

Nah demikian ulasan tentang PCD yang ada pada velg mobil, semoga bermanfaat untuk anda yang saat ini sedang bingung untuk mencari tahu bagaimana cara mengukur PCD velg mobil. untuk artikel lain seputar velg mobil silahkan anda baca daftarnya dibawah ini :






Post a Comment

0 Comments

Close Menu