Apakah Engine Flush Berbahaya Untuk Mesin Mobil ?

Bаhауа еngіnе fluѕh - banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk merawat mesin mobil agar performa dan keawetannya senantiasa terpelihara, sehingga resiko mesin mobil mengalami kerusakan bisa kita minimalisir, seperti mempergunakan kendaraan dengan sewajarnya, mempergunakan hanya satu jenis merk oli mesin alias tidak sering ganti ganti merk oli, dan mengaplikasikan sebuah cairan pembersih seperti engine flush untuk membersihkan ruang mesin dari kotoran.

Engine flush adalah salah satu suplemen kendaraan yang memiliki fungsi utama membersihkan sisa kerak atau endapan dari lumpur oli yang menempel di bagian mesin ataupun yang membuntu lubang distribusi oli sehingga pelumasan didalam mesin mobil tidak mengalami gangguan.

 banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk merawat mesin mobil agar performa dan kea Apakah Engine Flush Berbahaya Untuk Mesin Mobil ?


Cаrа kеrjа еngіnе fluѕh

Engine flush adalah sebuah cairan pembersih ( detergen ) yang dibuat dan diformulasikan khusus yang mampu mengencerkan dan meluruhkan kerak oli maupun lumpur oli didalam ruang mesin, setelah semua kerak ini encer kembali dan tercampur oli lawas dan turun ke oil pan kita bisa melakukan pengurasan oli sehingga kondisi ruang mesin terjaga kebersihannya.

Cаrа реnggunааn еngіnе fluѕh

Untuk menggunkan formula perontok kerak oli mesin ini sangat gampang, sebelum anda menguras oli mesin terlebih dahulu masukkan cairan engine flush ini kedalam lubang pengisian oli. Baru kemudian nyalakan mesin mobil selama kurang lebih 5 sampai 10 menit agar cairan tersebut tersirkulasi bersamaan dengan oli dan meluruhkan kerak yang menempel pada bagian mesin. Setelah itu anda bisa menguras oli lama anda seperti biasanya sampai oli mesin ini benar benar habis, barulah anda bisa memasukkan oli yang baru.

Mаnfааt mеnggunаkаn еngіnе fluѕh

Untuk manfaatnya tentu saja sangat banyak sekali, yang diantaranya adalah menjaga ruang mesin dari segala jenis kotoran baik itu kerak oli maupun lumpur oli. Kemudian dengan bersihnya kerak kerak yang menyumbat saluran pelumasan oli yang ukurannya kecil didalam mesin, membuat mesin komponen bergerak didalam mesin menjadi tidak cepat aus, sehingga daya tahan mesin mobil pun menjadi lebih awet. Untuk informasi lebih lanjut mengenai engine flush silahkan baca tulisan kami sebelumnya di : Inіlаh fungѕі dаn mаnfааt mеmаkаі еngіnе fluѕh .

Aраkаh саіrаn еngіnе fluѕh bеrbаhауа untuk mеѕіn ?

Dilihat dari segi bahaya bisa dipastikan tidak ada, sebab engine flush yang beredar dipasaran dengan merk yang telah memiliki predikat baik tentu sudah memiliki sertifikat uji. Jadi jangan kuatir jika memakai engine flush ini akan merusak mesin mobil anda, kecuali anda memakai produk engine flus dari produsen yang tidak jelas atau tak bermerk.

Beberapa jenis engine flush yang penulis pernah gunakan adalah produk dari OTOGARD, dimana semua produk Otogard ini bahkan sudah digunakan oleh bengkel resmi yang ada di indonesia. Selain engine flush, Otogard ini memiliki banyak produk lainnya seperti injector cleaner, brake cleaner, carbon cleaner, super engine cleaner, air wiper, air radiator, dan produk otomotif lainnya yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu. Jika penasaran dengan semua produk otogard silahkan coba kunjungi situs resminya di https://www.otogard.com/.

Mіtоѕ еngіnе fluѕh bіѕа mеnуеbаbkаn kеbосоrаn

Ada yang bilang bahwa cairan engine flush ini bisa membuat atau menyebabkan kebocoran di mesin mobil, seperti merembesnya oli mesin melalui seal oli atau gasket perpak dan lain sejenisnya, terlebih untuk mobil jadul. Apakah benar demikian ? Sebenarnya kebocoran oli pada mesin mobil ini kondisi yang sangat wajar, tanpa memakai engine flush pun, bila memang karet seal seperti yang ada di oil pan ataupun cover cylinder head sudah usang dan mengeras, tentu ujungnya bocor juga.

Oh iya kebocoran oli mesin ini lebih sering terjadi di mesin diesel seperti di mesin diesel Isuzu Panther, Toyota kijang innova maupun mobil jenis diesel lainnya karena tekanan didalam ruang mesin untuk mobil diesel ini sangat besar dibandingkan mesin bensin.

Tірѕ mеnggunаkаn еngіnе fluѕh untuk mеѕіn mоbіl

Untuk hasil lebih baik, pergunakan engine flush mulai dari penggantian oli yang pertama atau di kilometer 10.000 pertama dimana penggantian oli ini dibarengi dengan penggantian saringan oli. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu