Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Blokir Pajak Kendaraan Yang Sudah Dijual

Cаrа blоkіr раjаk рrоgrеѕіf - pembebanan pajak progresif memang dirasakan mahal karena pajak yang semula sebesar sekian persen dinaikkan lagi sekian persen sesuai dengan urutan banyaknya kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua yang dimiliki.

Jadi semakin banyak kendaraan yang dimiliki, maka semakin tinggi pula kita dalam membayar setoran pajak ke negara, sampai akhirnya banyak sekali orang yang melakukan tindakan curang untuk mengakali agar tidak dikenai pajak progresif walaupun memiliki banyak kendaraan dirumah.

Dan masih banyak pula masyarakat yang belum paham dengan yang namanya pajak progresif ini, terlebih ketika mereka menjual unit kendaraan ( tanpa pemblokiran ) untuk nantinya uang hasil penjualan akan dibelikan unit kendaraan lain yang lebih baru sesuai dengan keinginan, mereka kaget karena biaya pajak kendaraan tersebut lebih mahal. Ya, itulah pajak progresif.

 pembebanan pajak progresif memang dirasakan mahal karena pajak yang semula sebesar sekian Cara Blokir Pajak Kendaraan Yang Sudah Dijual


Meskipun kendaraan roda dua atau empat milik kita sudah berpindah tangan, alias tidak lagi kalian miliki, bila tidak dilakukan balik nama alias nama yang ada di STNK dan BPKB masih menggunakan nama anda sebagai pemilik kendaraan, artinya unit tersebut masih dianggap milik kalian, dan kalian lah yang harus bertanggung jawab membayar pajaknya.

Nah agar tidak terjadi yang demikian maka ketika kendaraan yang kalian jual sudah laku, segera lakukan balik nama pemilik kendaraan atau orang biasanya menyebut blokir pajak progresif. Untuk melakukannya anda bisa mendatangi kantor Samsat dimana kendaraan tersebut tercatat. Misalnya unit kendaraan kalian tercatat di Samsat Blitar, maka lakukan pengurusannya di Samsat blitar, disana nanti anda tinggal mengisi form pemblokiran / pencabutan kendaraan.

Dan untuk membuat laporan tentang penjualan unit kendaraan ini gratis alias tidak dipungut biaya. Yang perlu kalian lakukan hanyalah mengisi data penjualan di formulis yang telah disediakan oleh pihak Samsat.

Nah dengan begitu secara tidak langsung anda akan memaksa si pembeli kendaraan untuk melakukan pengurusan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBN-KB, sehingga nantinya jika si pembeli ini mau memperpanjang STNK / mengurus pajak tidak perlu lagi meminjam KTP kalian.

Dasar dari penentuan pajak progresif ini ialah didasarkan atas nama dan juga domisili, atau paling minim disesuaikan dengan data yang ada didalam daftar susunan keluarga atau KK. Dan berikut adalah syarat dan cara melaporkan unut kendaraan yang telah dijual.

Sуаrаt реmblоkіrаn раjаk рrоgrеѕіf



  • Sіарkаn іdеntіtаѕ dіrі реmіlіk kеndаrааn ( KTP / SIM jаngаn luра dіfоtосору )
  • Sіарkаn fоtо сору kаrtu kеluаrgа аtаu KK, jаngаn luра bаwа аѕlі ѕеkаlіаn buаt jаgа jаgа )
  • Dаtа unіt kеndаrааn уаng tеlаh dіjuаl ( Bіѕа dеngаn bаwа fоtо сору STNK nуа )
  • Sаlіnаn реmbауаrаn раjаk tеrаkhіr dаrі реmіlіk kеndаrааn
  • Surаt kuаѕа bеrmаtеrаі 6000 ѕеrtа fоtо сору KTP реnеrіmа kuаѕа
  • Surаt kеtеrаngаn реmіlіk kеndаrааn dаrі RT/RW bіlа tеrdараt nаmа уаng ѕаmа ( khuѕuѕ untuk іdеntіtаѕ nаmа уаng раѕаrаn :D )


Setelah membawa semua berkas yang diperlukan diatas, silahkan anda datang ke kantor Samsat dan menuju ke loket pengecekan pajak progresif. Dari sini nanti anda akan dipandu oleh petugas yang saat itu sedang bertugas, pastikan anda tidak ragu dan malu untuk bertanya.

Untuk tulisan kami yang lain mengenai perpajakan kendaraan silahkan baca melalui daftar dibawah ini :




Semoga bermanfaat dan salam otomotif.


Post a Comment for "Cara Blokir Pajak Kendaraan Yang Sudah Dijual"