Ciri Master Rem Mobil Rusak Cek Master Rem Mobil Rusak

Cіrі mаѕtеr rеm mоbіl ruѕаk - banyak sekali masalah yang ada pada sistem rem mobil, mulai dari pedal rem yang terasa keras, rem mobil yang kurang begitu pakem, pedal rem mobil terasa bergetar saat di injak ataupun mobil jadi mbanting kearah salah satu sisi ( kiri atau kanan ) saat dilakukan pengereman.

Hal hal diatas diakibatkan karena kurang pedulinya kita sebagai pemilik mobil dalam melakukan perawatan sehingga terjadilah hal yang demikian. Padahal untuk merawat sistem pengereman pada mobil tergolong sangat sederhana sekali, yakni melakukan pengecekan minyak rem per 40.000km dan melakukan penggantian di kelipatan kilometer per 80.000km. Selain itu penggunaan suku cadang original serta cara melakukan pengereman yang baik juga mempengaruhi cepat rusaknya bagian sistem pengereman.

 banyak sekali masalah yang ada pada sistem rem mobil Ciri Master Rem Mobil Rusak Cek Master Rem Mobil Rusak

Cіrі mаѕtеr суlіndеr rеm mоbіl ruѕаk

Dari beberapa komponen sistem pengereman yang biasanya mengalami kerusakan selain piston rem maupun booster rem adalah komponen master cylinder rem yang berfungsi memompa minyak rem menuju ke empat piston rem, yang selanjutnya terjadilah pengereman. Ciri utama yang bisa kita lihat ketika master rem mengalami kerusakan adalah pedal rem ngempos atau ambles saat di injak dan rem pun menjadi tidak pakem, bahkan untuk melakukan pengereman kita harus mengocok pedal rem terlebih dahulu. Hal ini diakibatkan karena sudah ausnya karet seal yang terdapat didalam master cylinder rem akibat bergesekan dengan dinding cylinder yang kemungkinan sudah berkarat permukaanya.

Cаrа mеngесеk mаѕtеr rеm уаng ѕudаh ruѕаk

Sesuai dengan penjelasan diatas untuk melakukan pengecekan apakah master rem sudah rusak ataukah belum pertama tama lakukan bleding atau buang angin yang mungkin terjebak didalam saluran minyak rem. Selanjutnya setelah di bleding minyak rem nya, lakukan tes jalan dan cobalah melakukan pengereman, jika rem mobil tidak pakem dan saat pedal rem di injak langsung ambles atau ngeloss bisa dipastikan bahwa master cylinder rem mengalami kerusakan.

Lаngkаh реmеrіkѕааn dаn реrbаіkаn mаѕtеr суlіndеr rеm mоbіl

Sebelum memasuki langkah perbaikan terlebih dahulu kita harus melakukan pembongkaran dan pemeriksaan terlebih dahulu, silahkan bongkar master rem dari dudukan rem booster, kemudian bongkar semua isi dari master rem tersebut dan periksa dengan menggunakan jari telunjuk apakah didalam dinding master rem tersebut terasa kasar dan berkarat ataukah tidak ?

Bila iya silahkan coba lakukan pembersihan dengan cara menggosoknya menggunakan amplas halus ukuran 1000 sampai karat hilang dan dinding cylinder terasa mulus. Periksa kembali dengan jari, jika masih terasa kasar karena sudah berlubang lubang akibat karatan sebaiknya lakukan penggantian master silinder, namun jika tidak ( dinding cylinder halus ) anda bisa melanjutkan memperbaikinya, Ganti seal karet yang lama dengan repair kit yang baru dan dirakit kembali.

Lаngkаh реmаѕаngаn kеmbаlі mаѕtеr суlіndеr rеm

Setelah master rem dirakit selanjutnya adalah memasangkan kembali ke posisi semula, jangan lupa lakukan bleding atau buang angin ulang agar tidak ada udara yang terjebak didalam saluran minyak rem yang bisa membuat rem menjadi tidak pakem. Setelah semua pekerjaan selesai silahkan lakukan pengetesan ulang, yang pertama adalah mengecek kondisi master rem nya dengan cara menginjak pedal rem, seharusnya sudah tidak ambles lagi. Kemudian lakukan tes jalan, seharunya rem kembali pakem dan tidak harus mengocok pedal rem lagi.

Nah itulah tadi beberapa ciri yang mengindikasikan kerusakan master cylinder rem mobil serta langkah pemeriksaan dan perbaikannya. Semoga bermanfaat. Oh iya untuk problem seputar rem mobil yang lainnya silahkan baca melalui daftar dibawah ini.



Semoga bermanfaat dan salam otomotif.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu