Cuci Mobil Robotik, Baguskah ?

Cuсі mоbіl rоbоtіk оtоmаtіѕ - menjamurnya jasa cuci mobil akibat semakin banyaknya pemilik mobil yang berseliweran di jalanan pun membuat banyak pemilik usaha mobil memanfaatkan teknologi dalam proses mencucinya, yakni menggunakan sebuah lengan robot untuk melakukan proses pencuciannya.

Lalu apakah mencuci dengan menggunakan robotik ini bagus ? mengingat cuci mobil robotik ini berbeda dengan cuci mobil manual. Untuk mengetahui bagus tidaknya cuci mobil robotik tentu terlebih dahulu kita harus mengetahui kelebihan serta kekurangan dari jasa cuci mobil robotik ini.

 menjamurnya jasa cuci mobil akibat semakin banyaknya pemilik mobil yang berseliweran di j Cuci Mobil Robotik, Baguskah ?


#Kеlеbіhаn сuсі mоbіl rоbоtіk

Adapun kelebihan dari proses mencuci secara robotik ini bagi konsumen adalah yang pertama waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat sehingga sangat waktu lebih efisien, terutama untuk proses siram, sabun dan bilas.

Dan untuk pemilik carwash, mencuci dengan memanfaatkan mesin robotik ini tentu penggunaan air bisa dihemat sehemat mungkin, bahkan jauh lebih hemat dari alat jet cleaner karena pada sistem robotik ini penyiraman dilakukan secara merata muli dari ujung atas dan samping kendaraan.

#Kеkurаngаn сuсі mоbіl rоbоtіk

Adapun kekurangan dari cuci mobil robotik ini bagi konsumen adalah ongkos pengerjaan yang jauh lebih mahal, mengingat dalam proses mencucinya menggunakan robot yang harganya sangat mahal, dan juga untuk pengoperasiannya membutuhkan energi listrik yang jauh lebih besar dibandingkan mencuci secara manual ataupun menggunakan jet steam.

Dan untuk pemilik jasa cuci mobil, kekurangan dalam proses cuci mobil secara robotik ini adalah membutuhkan energi listrik diatas 5000 watt bahkan sampai 12.000 watt, sehingga harus memiliki generator listrik sendiri bila tidak ingin usaha nya tersendat sendat akibat bergantung pada listrik PLN.

Kuаlіtаѕ hаѕіl сuсі mоbіl rоbоtіk

Untuk kualitas mencuci mobil baik secara manual, memakai jet cleaner maupun robotik kurang lebih sama, sebab meskipun menggunakan robotik, tetap saja ada tahapan pencucian secara detailing, yaitu dicuci dengan tenaga manusia untuk menjangkau kotoran di sela sela terkecil pada bagian mobil. Yang membedakan hanyalah proses pembilasan dan pemberian sabun yang bisa lebih dipercepat. Jadi jika ada yang bilang bahwa cuci mobil robotik ini kurang bersih dengan berbagai argumen, jangan langsung mudah percaya, ada kemungkinan hanya berspekulasi saja ( dan belum pernah mencuci mobil seara robotik ).

#Sеkіlаѕ рrоѕеѕ сuсі mоbіl ѕесаrа rоbоtіk

Untuk pembaca yang mungkin belum begitu paham bagaimana sih cara mencuci mobil secara robotik, berikut akan kami jelaskan tahapan mencuci mobil dengan menggunakan lengan robot mulai tahap awal sampai akhir.

1. Prоѕеѕ реnуіrаmаn

Pada proses ini mobil akan di parkirkan tepat di bagian tengah alat cuci robotik, selanjutnya operator akan menjalankan mesin untuk mengguyurkan air ke seluruh permukaan body mobil tanpa terkecuali.

2. Prоѕеѕ реnуаbunаn

Setelah seluruh body mobil diguyur dengan menggunakan air secara merata, pada putaran lengan mesin selanjutnya setelah menyemprotkan air adalah menyemprotkan sabun cuci mobil ke seluruh permukaan body mobil secara merata. Pada proses ini lengan robot akan kembali ke posisi parkir.

3. Prоѕеѕ реnсuсіаn dеtаіlіng

Setelah mobil di semprot dengan busa sabun oleh lengan robotik, pada tahap selanjutnya adalah proses mencuci secara detailing dengan bantuan manusia, dibutuhkan 2 atau 3 orang yang masing masing menggosok body mobil dengan menggunakan spons lembut untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada body mobil hingga ke sela sela tersembunyi secara menyeluruh.

4. Prоѕеѕ реmbіlаѕаn

Setelah seluruh body mobil digosok oleh petugas cuci, lanngkah atau tahap selanjutnya adalah proses pembilasan body mobil dengan menggunakan lengan robotik hingga seluruh busa sabun dan kotoran rontok.

5. Tаhар реngеrіngаn

Setelah body mobil selesai dibilas, maka mobil akan di pindah ke lokasi pengeringan. Disini terdapat dua metode pengeringan, yang pertama pengeringan secara menual dengan menggunakan lap kanebo, dan cara kedua adalah dengan menggunakan mesin pengering yang bentuknya mirip dengan hairdryer namun dengan bentuk yang lebih besar.

Artikel terkait cuci mobil yang mungkin anda butuhkan :


Nah dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa mencuci dengan menggunakan robotik ini jauh lebih cepat dan efisien dalam hal waktu, sehingga bagi anda yang mungkin tidak memiliki banyak waktu alias terburu buru untuk mencuci mobil, mencuci secara robotik ini tentu pilihan yang bagus. Pastikan juga anda mencucikan mobil di jasa cuci mobil robotik yang sudah berpengalaman sehingga terhindari dari resiko kerusakan mobil akibat operator melakukan kesalahan prosedur.



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu