Fungsi Lower Arm Mobil

Fungѕі dаrі lоwеr аrm - salah satu bagian terpenting yang ada pada sistem suspensi mobil, khususnya suspensi bagian depan ialah komponen lower arm atau lengan ayun bagian bawah. Karena tanpa adanya lower arm ini tentu mobil yang kalian kendarai tidak akan terasa enak, meskipun dilengkapi dengan berbagai perangkat peredam seperti shock absorber.

Fungѕі lоwеr аrm раdа mоbіl

Lower arm atau lengan ayun bawah alias kampak bawah ini memiliki fungsi yang sangat penting, yakni sebagai pemegang knucle dimana roda kendaraan akan dipasang di bagian ini. Selain berfungsi untuk memegang bagian knucle, lower arm atau yang disebut juga sebagai control arm ini juga berfungsi sebagai pengontrol gerakan roda kendaraan, baik itu kontrol gerakan naik turun maupun gerakan maju mundur.

 salah satu bagian terpenting yang ada pada sistem suspensi mobil Fungsi Lower Arm Mobil


Pada bagian ujung lower arm ini terdapat sebuah ball joint yang langsung terhubung dan tersambung pada bagian knucle bagian bawah. Dan di bagian lower arm ini juga dilengkapi dengan bushing di kedua titik kaki yang membentuk huruf A ( lihat gambar diatas ) yang fungsinya untuk membuat gerakannya mengayun menjadi lebih halus sehingga anda tidak merasa pusing saat berkendara.

Untuk lebih memperhalus gerakan roda mobil saat melibas jalanan yang kurang rata, maka pada sistem suspensi dilengkapi dengan sebuah torsion bar untuk mobil jadul sejenis kijang ataupun Isuzu Panther, dan coil spring atau pegas coil atau per keong, dan selanjutnya sisa getaran akan diredam oleh komponen shock absorber.

Pada kendaraan lama sejenis Isuzu panther atau Toyota kijang kapsul, ketinggian body mobil bisa disetel dengan cara memutar batang puntir atau torsion bar, yang selanjutnya puntir an dari torsion bar ini akan mengubah posisi lower arm sehingga body depan mobil bisa meninggi ataupun merendah sesuai dengan keinginan.

Kеruѕаkаn lоwеr аrm
Kerusakan yang terjadi pada bagian lower arm ini biasanya dikarenakan keausan bushing bushing nya, ataupun bengkoknya lower arm akibat kendaraan terlibat kecelakaan. Bengkoknya bagian lower arm ini pun akan merubah kondisi sudut geometri ( spooring ) roda depan kendaraan yang berakibat mobil akan menarik ke salah satu sisi saat setir dilepas. Kampak atau lower arm yang sudah bengkok tidak bisa di repair ulang, dan harus dilakukan penggantian lower arm yang baru. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.

Baca juga :



Post a Comment

0 Comments

Close Menu