Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indikator ABS Menyala Setelah Ganti As Roda

Pеnуеbаb іndіkаtоr ABS mеnуаlа - banyak sekali problem yang timbul pada sebuah mobil, beberapa masalah mungkin mudah dipahami dan beberapa masalah lagi masih banyak orang awam yang tidak tahu menahu bahkan ketakutan ketika terjadi sesuatu terhadap mobilnya, seperti menyala nya lampu indikator yang terdapat di dalam dasboard mobil mereka.

Seperti salah satunya adalah indikator lampu ABS yang menyala, banyak penyebab kenapa indikator ABS ini menyala mulai dari putusnya kabel sensor ABS, rusaknya magnetik sensor ABS, hingga yang paling konyol adalah lampu indikator ABS menyala karena kesalahan sewaktu memasang.

 banyak sekali problem yang timbul pada sebuah mobil Indikator ABS Menyala Setelah Ganti As Roda

Hal ini walaupun tidak sering terjadi, namun pernah beberapa kali penulis temukan kasus salah pasang ring ABS sensor ( Wheel speed sensor ) yang terdapat pada salah satu poros roda yang ketika itu sedang dilakukan perbaikan, misalnya setelah mengganti As roda, mengganti seal roda, mengganti rotor disc dan lain sebagainya.

Bila ada diantara anda yang pernah mengalami lampu indikator ABS menyala setelah beberapa waktu dilakukan perbaikan pada salah satu bagian roda, atau misalnya pernah mengganti AS roda, bisa jadi diakibatkan karena adanya salah pasang komponen wheel speed sensor yang ada di poros / AS roda tadi, entah itu terbalik ataupun karena tanpa sengaja kabel sensor nya terpukul palu sehingga terputus, atau bisa juga si mekanik lupa memasang ABS ring dari As lama ke As baru.

 banyak sekali problem yang timbul pada sebuah mobil Indikator ABS Menyala Setelah Ganti As Roda
Cоntоh реmіndаhаn rіng ABS dаrі раrt lаmа kе раrt bаru


Untuk itu sebaiknya segera bawa unit mobil kesayangan kalian yang lampu indikator ABS nya menyala ke bengkel dimana anda pernah melakukan pembongkaran untuk meminta dibetulkan kembali.


Artі lаmрu іndіkаtоr ABS mеnуаlа

Lampu indikator yang terdapat di bagian dasboard mobil kita ini berfungsi sebagai alat komunikasi kita terhadap mobil yang kita miliki, kita bisa dengan mudah mengetahui masalah apa saja yang terjadi pada mobil milik kita, seperti salah satunya jika lampu indikator ABS menyala, berarti hal ini menandakan bahwa sistem ABS di mobil kita mengalami malfungsi alias tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


Fungѕі реntіng ABS

Fungsi utama dari teknologi ABS yang ada pada sistem pengereman mobil ini ialah untuk menghindarkan ban mobil terkunci saat dilakukan pengereman secara mendadak, terutama ketika mobil sedang melaju di jalanan yang basah. Jadi ketika mobil sedang melaju di jalanan basah dan disaat itu pula didepan tedapat sebuah rintangan, ketika kita injak pedal rem secara mendadak, mobil masih bisa kita kendalikan laju nya.

Beda halnya untuk mobil yang tidak dilengkapi ABS, saat dilakukan Hard Bracking seperti itu ban akan langsung berhenti terputar, namun kendaraan masih tetap meluncur tak terkendali dan pada akhirnya akan menabrak. Maka dari itu bila indikator ABS menyala, maka mobil yang telah dilengkapi dengan teknologi ini akan kehilangan kemampuan atau fungsi nya, sehingga mobil tersebut sama halnya dengan mobil biasa tanpa ABS.


Bаhауаkаh jіkа іndіkаtоr ABS mеnуаlа ?

Tidak berbahaya, hanya saja mobil akan kehilangan kemampuan bermanuver saat di jalanan basah akibat ABS yang bermasalah ini. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan baca kembali pada artikel kami yang lain mengenai bahaya atau tidaknya jika indikator sensor ABS menyala dibawah ini.

Baca juga : Lаmрu іndіkаtоr ABS mеnуаlа араkаh bеrbаhауа ?

Nah jadi pastikan ketika anda akan mengganti As roda, bearing roda, rotor disc brake dan lain lain yang berhubungan dengan roda, pastikan seluruh komponen yang sebelumnya dibongkar dipasang kembali. Semoga bermanfaat.

Untuk artikel lainnya tentang ABS silahkan baca juga dibawah ini :




Post a Comment for "Indikator ABS Menyala Setelah Ganti As Roda"