Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Dan Kekurangan Velg Racing Dan Jari Jari Motor

Vеlg rасіng VS vеlg jаrі jаrі - bagian terpenting dari sebuah kendaraan baik itu motor roda empat alias mobil, maupun motor roda dua alias sepeda motor agar dapat berjalan dengan baik adalah bagian roda, pada roda kendaraan sendiri terdiri dari ban yang menapak langsung ke aspal jalan, serta velg yang berfungsis sebagai tempat dudukan atau menempelnya ban.

Pada sebuah sepeda motor kita mengenal ada dua jenis velg yaitu velg type racing ( casting wheel ) dan juga velg type jari jari atau jeruji ( spoke wheel ). Nah dari kedua jenis velg ini pun memiliki keunggulan dan kekurangannya masing masing, nah bagi kalian yang saat ini ingin mencari informasi mengenai keunggulan dan kekurangan velg racing, serta keunggulan dan kekurangan velg jari jari, semoga informasi dibawah ini dapat membantu.

 bagian terpenting dari sebuah kendaraan baik itu motor roda empat alias mobil Kelebihan Dan Kekurangan Velg Racing Dan Jari Jari Motor


Kеlеbіhаn vеlg rасіng dаn vеlg jаrі jаrі


#Kеlеbіhаn vеlg rасіng

Salah satu kelebihan dari velg racing yang paling menonjol adalah bentuknya yang sangat sporty sehingga memberikan kesan yang wah. Selain terkesan sporty, velg racing ini biasanya terbuat dari bahan aluminium casting ( atau bahan lain ) dimana bahan ini mampu membuat pengereman sepeda motor lebih stabil terutama saat dilakukan hard bracking. Sangat cocok untuk dipasangkan dengan ban type tubeless, mampu memberikan performa motor yang maksimal serta yang lebih penting adalah velg model racing ini sangat mudah sekali dibersihkan, baik dicuci maupun hanya di lap.

#Kеlеbіhаn vеlg jеrujі / jаrі jаrі

Salah satu kelebihan yang sangat menonjol dari sebuah velg jari jari ini adalah kekuatannya yang sudah tidak diragukan lagi, sebab pada tiap jeruji nya terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah layaknya velg racing. Karena velg jenis jari jari ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat bagus, tentu velg jenis ini sangat cocok digunakan untuk motor pengangkut berat, misalnya untuk mengangkut padi berkarung karung disawah serta mampu melibas jalanan yang tidak rata.

Selain kuat dan tahan banting, velg jari jari ini juga memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan velg racing, karena hal inilah mengapa velg jari jari kebanyakan masih dipertahankan untuk diaplikasikan ke motor drag. Selain itu velg ini bila mengalami bengkok dapat dengan mudah di perbaiki dan di setel jeruji nya.

Baca juga : Tірѕ аmаn bеlі mоtоr еѕtеh STNK оnlу


Kеkurаngаn vеlg rасіng dаn vеlg jеrujі / jаrі jаrі


#Kеkurаngаn vеlg rасіng mоtоr

Adapun kekurangan dari velg jenis racing ialah bila velg sudah rusak, maka proses perbaikanya sedikit rumit. Meskipun bisa diperbaiki susah untuk kembali ke bentuk semula, kecuali yang mengerjakan adalah orang yang sangat ahli dan didukung dengan peralatan press velg yang presisi, itupun tidak lantas membuat velg racing yang direpair menjadi lebih aman. Velg racing ini jika sering dipakai melibas jalanan yang bergelombang ataupun berlubang sangat rawan bengkok sehingga menyebabkan velg oleng, efeknya tentu akan berimbas pada handling dan bearing roda. Bahkan pada kasus tertentu velg racing bisa pecah saat menghantam lubang di aspal jalan.

#Kеkurаngаn vеlg jеrujі / jаrі jаrі

Kekurangan yang paling terlihat dari velg jari jari ini adalah sangat merepotkan saat proses pembersihannya dan anda harus sangat telaten ketika mencuci motor yang memakai velg model ini, terutama di bagian sudut yang sempit. Velg jari jari ini juga tidak support dengan jenis ban tubeless, kecuali kita mengakalinya dengan menambahkan lem pada bagian kepala jeruji untuk menambal celah sempit yang memungkinkan udara keluar. Dan kekurangan selanjutnya dari velg jeruji alias jari jari ini adalah kurang begitu stabil ketika digunakan untuk pengereman mendadak atau hard bracking.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan velg racing dan velg jeruji atau jari jari. Semoga bermanfaat dan salam roda dua.

Baca juga : Pеngеrtіаn ѕtrоkе Uр dаn bоrе Uр раdа mоtоr



Post a Comment for "Kelebihan Dan Kekurangan Velg Racing Dan Jari Jari Motor"