Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerugian Meninggikan Body Mobil

Mоdіfіkаѕі tіnggі bоdу mоbіl - dalam memodifikasi sebuah kendaraan banyak sekali yang bisa kita lakukan, mulai modifikasi ringan seperti memasang stiker mobil, melakukan penambahan aksesoris seperti lampu lampu, merubah atau mengganti velg mobil dengan memakai velg racing variasi, sampai dengan menaikkan tinggi body kendaraan.

Nah pada edisi kali ini kami akan menyuguhkan artikel mengenai kerugian dari menaikkan tinggi body mobil serta resiko yang nantinya akan anda ambil jika memang sudah memutuskan untuk menaikkan body kendaraan dari tinggi standar pabrik.

 dalam memodifikasi sebuah kendaraan banyak sekali yang bisa kita lakukan Kerugian Meninggikan Body Mobil
Gаmbаr іluѕtrаѕі mеnіnggіkаn bоdу mоbіl


Salah satu jenis mobil yang sampai saat ini masih diminati dan juga sering ditemukan di jalan raya dengan ketinggian body yang telah dimodifikasi ialah mobil Isuzu Panther. Banyak sekali pecinta mobil diesel yang satu ini, bahkan komunitasnya pun masih eksis hingga saat ini yakni panther mania yang anggotanya bertambah tiap tahunnya.

Mеmbаhауаkаn kеѕеlаmаtаn bеrkеndаrа

Oke kembali lagi ke masalah ketinggian body kendaraan, resiko yang akan kalian tanggung ketika memutuskan untuk meninggikan body mobil diantaranya berhubungan dengan kecepatan mobil itu sendiri, saat body mobil dinaikkan dan ketinggiannya berubah, maka secara otomatis lebih banyak ruang dibawah mobil yang nantinya akan mengganggu aerodinamis kendaraan, sehingga ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi akan lebih sulit untuk dikendalikan. Begitulah menurut teman penulis yang juga seorang teknisi.


Tіngkаt kеruѕаkаn ѕраrераrt ѕеmаkіn tіnggі

Yang kedua adalah masalah keselamatan, yakni semakin tinggi body mobil dinaikkan, maka resiko batang torsion bar jebol juga semakin besar akibat gaya puntir yang semakin tinggi, terutama saat mobil melaju dan melewati jalanan yang kurang bersahabat. Anda bisa membayangkan ketika mobil sedang dipakai dengan kecepatan tinggi dan tiba tiba baut pengikat torsion bar jebol, mobil akan langsung miring dan celaka. Karena pada dasarnya mobil dengan body tinggi ini tidak cocok untuk kecepatan. Belum lagi kerusakan komponen lain seperti suspensi, ball join serta tierod maupun gearbox / steering box.


Efеk mоbіl mеngаlаmі bоdу rоll ѕеmаkіn tіnggі

Ingat pada beberapa artikel kami yang lain mengenai body roll yang terjadi pada mobil ? jika belum tahu silahkan anda baca di : ARTI BODY ROLL DI MOBIL. Semakin tinggi kendaraan maka resiko mobil mengalami body roll pun semakin tinggi jika tidak didukung dengan sistem suspensi yang lebih mumpuni. Nah bahaya dari body roll sendiri adalah mobil akan terguling saat menikung dengan kecepatan yang tinggi.

Lаlu bаgаіmаnа аgаr mоbіl tеtар nуаmаn mеѕkірun bоdу mоbіl dіnаіkkаn ?

Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan modifikasi di bagian lain kendaraan khususnya di bagian suspensi, semakin tinggi body ketika melewati jalanan berlubang, maka ayunan kampak bawah juga semakin besar, jika tidak diimbangi dengan suspensi yang lebih keras dari suspensi bawaan pabrik, sudah pasti resiko batang torsion bar jebol semakin besar.

Walaupun sudah diakali demikian tetap saja anda harus waspada saat mengemudikan mobil dengan body yang tinggi ini dijalanan. Penulis seringkali ikut tes jalan mobil yang telah dinaikkan tinggi body nya dan suwer rasanya sangat menakutkan, padahal kecepatan baru saja menembus 70 km/jam an.

Baca juga : Sеtіr mоbіl gеtаr dі kесераtаn tіnggі ? соbа fіnіѕh bаlаnсіng ѕаjа

Nah bagi anda yang berniat untuk menaikkan tinggi body mobil, semoga artikel diatas bermanfaat.


Post a Comment for "Kerugian Meninggikan Body Mobil"