Penyebab Aki Mobil Meledak Kenapa Aki Bisa Meledak

Kеnара аkі mоbіl mеlеdаk - banyak sekali masalah yang timbul pada sebuah aki mobil, mulai dari aki yang sering drop dan tidak bisa digunakan untuk starter mobil, aki yang mendidih sampai'keluar asap, aki basah mobil yang sering kehabisan air akinya, sampai kasus yang jarang terjadi yakni meledaknya aki mobil baik pada saat mesin mobil di starter, maupun saat mobil sedang digunakan berkendara ataupun ketika mobil tersebut sedang diservis.

Meledaknya aki ini adalah kejadian yang tak terduga, aki mobil yang meledak ini biasanya disebabkan karena kondisi aki mobil ini sudah tidak bagis lagi alias sudah mulai rusak. Aki mobil yang sudah usang dan dipaksa untuk terus menerus dipakai, bisa juga meledak seperti ini.

 banyak sekali masalah yang timbul pada sebuah aki mobil Penyebab Aki Mobil Meledak Kenapa Aki Bisa Meledak


Pеnуеbаb аkі mоbіl bіѕа mеlеdаk

Jenis aki yang sering meledak ini kebanyakan adalah aki type basah, walaupun pada aki kering juga bisa meledak namun kemungkinannya jauh lebih kecil, sebab pada aki basah saat digunakan dan terisi arus listrik dari alternator, cairan aki akan breaksi dan membentuk gas H2 yang kemudian gas gas hasil reaksi ini akan dikeluarkan melalui lubang kecil yang ada pada masing masing tutup sel aki. Nah disaat lubang sirkulasi ini tersumbat akibat kurangnya perawatan, maka gas yang seharusnya dibuang keluar ini terjebak didalam sel, sehingga semakin lama tekanannya semakin tinggi dan pada akhirnya meledak.

Terutama bila terdapat kerusakan pada sistem pengisian ( alternator ) yang terlalu berlebih atau over ( overcharger ), overcharger adalah kondisi dimana arus listrik yang dihasilkan oleh alternator terlalu besar sehingga membuat seluruh sel aki menjadi mendidih dan bergejolak, bahkan air didalamnya bisa langsung habis akibat panasnya sel sel aki.

Agar tidak terjadi hal yang demikian maka kita perlu secara berkala melakukan perawatan dan pengecekan secara menyeluruh pada bagian mobil kesayangan kita. Terutama pada bagian sistem pengisian dan juga aki mobil. Jika alternator rusak, sesegera mungkin lakukan perbaikan, begitupun dengan kondsi aki, jika sudah sowak sebaiknya ganti saja dengan aki baru. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu