Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENYEBAB BAUT DAN MUR DOL TERPUTAR DITEMPAT

Pеnуеbаb mur dаn bаut ruѕаk - pernahkah anda ketika melakukan perbaikan pada sebuah kendaraan dan mendapati mur yang hendak anda buka malah dol alias terputar ditempat dan tidak kunjung keluar ?

Memang sangat menjengkelkan sekali jika kita sedang serius melakukan perbaikan, ditambah pikiran sedang tidak fokus dan mur yang sedang anda buka malahan dol. Lalu apa sih yang menjadi penyebab mur rusak terputar ditempat alias dol ini ?



Penyebab mur menjadi dol banyak sekali faktornya, namun kebanyakan yang menjadi pokok masalah adalah cara pemasangan yang tidak tepat sebelumnya, misalnya dulu sebelum anda yang bongkar sudah ada yang pernah melakukan pembongkaran dan pemasangan, nah ketika dilakukan pemasangan ini kurang presisi dan ngasal sehingga mur tadi susah untuk dikencangkan, namun tetap saja dipaksakan. Sehingga saat dibuka lagi malah menjadi dol.


Penyebab kedua kenapa mur menjadi dol adalah karena kesalahan kita sendiri dalam membuka mur tersebut, salah satu contohnya adalah ketika anda hendak membuka mur, namun di bagian ulir bautnya terdapat kotoran seperti daki atau bahkan pasir dan sedikit karat. Bila hal ini tetap dipaksakan pasir pasir yang menempel tadi akan ikut masuk kedalam ulir saat mur dibuka dan mengganjal, selanjutnya pasir ini membuat ulir menjadi melipat dan akhirnya rusak.


Nah agar tidak terjadi mur atau baut menjadi dol adalah selalu berhati hati baik dalam membuka maupun memasangkannya kembali. Bila anda hendak membuka mur, pastikan ulir yang ada di bagian baut tidak terdapat kotoran pasir, ataupun karatan. Jika ada sebaiknya anda bersihkan dahulu, bisa dengan menyemprotnya menggunakan cairan penetrant dan menggosoknya dengan sikat baja.


Begitupun ketika anda melakukan pemasangan kembali mur ataupun baut, usahakan mur atau baut tadi bisa dengan mudah dimasukkan dengan menggunakan tangan setidaknya tiga sampai empat ulir / putaran, baru kemudian bisa mengencangkan menggunakan kunci manual ataupun impact. Pastikan sebelum memasang anda memeriksa apakah ada ulir baik itu yang terdapat pada mur ataupun baut, bila ada yang rusak sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu menggunakan SST.


Dan yang paling penting adalah jangan mengencangkan baut maupun mur terlalu kuat, sebab hal ini dapat berakibat rusaknya drat atau ulir menjadi tercabut dan membuatnya macet dan dol. Untuk kekencangan baut cukup kencangkan dengan menggunakan tangan, dan lebih bagus lagi jika menggunakan SST torsion bar atau momen, yakni sebuah tools khusus yang bisa digunakan untuk mengencangkan mur / baut sesuai dengan standar kekencangan yang sesuai dengan petunjuk pengencangan.


Bаgаіmаnа mеngеluаrkаn bаut / mur уаng ѕudаh tеrlаnjur dоl ?


Hal ini tergantung dengan situasi dan kondisinya. Bila yang dol adalah baut tanam kita bisa menggunakan bantuan tukang las, atau bisa dilakukan pengeboran dan memaksa baut tersebut keluar, baru kemudian jika ada kerusakan pads ulir bisa diperbaiki atau di buatkan ulir ulang. Kalau untuk mur yang dol dan hanya terputar ditempat saja, kita harus melihat situasinya, jika memungkinkan untuk digerinda agar mur tadi bisa di congkel ( dibelah ) maka silahkan digerinda.

Baca juga : Wаѕраdа mоbіl tаk bаwа bаn ѕеrер, реngеmudі bіѕа dі tіlаng

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa mur dan baut bisa dol. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "PENYEBAB BAUT DAN MUR DOL TERPUTAR DITEMPAT"