Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Komponen - Komponen Suspensi Depan

Setiap mobil mempunyai sistem suspensi yang berfungsi sebagai peredam kejutan ketika kendaraan mengalami guncangan karena melewati jalan yang tidak rata atau sejenisnya. Dengan adanya suspensi maka getaran yang ditimbulkan tidak langsung diteruskan ke bodi kendaraan, melainkan diredam oleh suspensi. Dengan demikian maka tingkat kenyamanan pada kendaraan jelas lebih baik dibandingkan yang tidak menggunakan suspensi.

Untuk menambah rasa kenyamanan yang maksimal, maka pada mobil dilengkapi dengan suspensi yang terletak pada bagian belakang dan bagian depan roda. Mekanisme suspensi yang digunakan pun berbeda, ini tergantung dari jenis penggerak yang digunakan oleh kendaraan tersebut.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai fungsi komponen - komponen suspensi depan.

Setiap mobil mempunyai sistem suspensi yang berfungsi sebagai peredam kejutan ketika kenda Fungsi Komponen - Komponen Suspensi Depan
Sіѕtеm Suѕреnѕі Dераn Jеnіѕ Mасреrѕоn
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, kita akan membahas mengenai fungsi - fungsi komponen pada sistem suspensi depan. Suspensi yang digunakan adalah jenis macperson.

A. Cоіl Sрrіng berfungsi meredam getaran langsung yang diterima oleh roda depan akibat melewati jalan yang tidak rata atau sejenisnya.

B. Shосk Abѕоrbеr berfungsi mempercepat gerak oskilasi pegas ( gerakan naik turun ) agar getaran yang diterima bodi menjadi sangat kecil.

C.Lоwеr Arm ( lеngаn bаwаh ) berfungsi sebagai dudukan suspensi dan knuckle roda depan yang dapat bergerak naik turun untuk langsung menerima segala kondisi jalan.

D. Suѕреnѕі Mеmbеr berfungsi sebagai dudukan unit sistem suspensi pada bagian depan. Selain itu, ini juga sebagai dudukan utama saat kita mendongkrak kendaraan.

E. Stаbіlіzеr bеrfungѕі menjaga keseimbangan antara roda depan bagian kanan dengan roda depan bagian kiri ketika kendaraan pada posisi berbelok untuk mencegah kendaraan mengalami rolling ( terbalik ).

F. Strut Bаr berfungsi menahan suspensi agar tidak begerak maju mundur yang diakibatkan karena gaya inersia ketika kendaraan berakselerasi dan mengerem mendadak.

G.Bаll Jоіnt berfungsi sebagai dudukan knucle roda yang dapat bergerak fleksibel namun mempunyai struktur yang kuat.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi - fungsi komponen pada suspensi depan yang ada pada mobil dengan jenis Macperson. Untuk jenis suspensi yang lainnya mempunyai konstruksi yang berbeda, namun biasanya komponen - komponen yang digunakan juga masih sama.

Post a Comment for "Fungsi Komponen - Komponen Suspensi Depan"