Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Pegas Penekan Pada Kopling Gesek

Kopling adalah salah satu komponen yang termasuk dalam kategori chasis. Komponen ini berfungsi sebagai pemutus dan penghubung putaran dari mesin ke transmisi. Dengan adanya kopling maka kendaraan dapat berhenti walaupun mesin dalam kondisi hidup. Dengan adanya kopling maka diharapakan tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersalurkan secara maksimal ke transmisi. Oleh karenanya kompling harus selalu dalam kondisi prima. Bukan hanya itu, kopling juga diharapkan dapat bekerja dengan lembut saat terjadi perpindahan gigi.

Salah satu komponen yang bertugas dalam hal diatas adalah pegas penekan kopling. Untuk  mendapatkan  penekanan  yang  kuat  saat bergesekan,  sehingga  saat  meneruskan  daya  dan
putaran  tidak  terjadi  slip  maka  dipasangkan  pegas penekan.  Ditinjau  dari  pegas  penekannya,  kopling dibedakan menjadi :

1. Kорlіng реgаѕ ѕріrаl 



Kopling adalah salah satu komponen yang termasuk dalam kategori chasis Jenis - Jenis Pegas Penekan Pada Kopling Gesek


Adalah  unit  kopling  dengan  pegas  penekannya berbentuk  spiral.  Dalam  pemakaiannya  dikendaraan  kopling  dengan  pegas  coil ini   memiliki  kelebihan  yaitu   penekanannya  kuat  dan  kerjanya  cepat/  spontan.  Sedangkan  kekurangannya  :  penekanan  kopling  berat,  tekanan  pada  plat  penekan  kurang  merata,  jika kampas kopling aus maka daya tekan berkurang, terpengaruh  oleh  gaya  sentrifugal  pada  kecepatan  tinggi  dan  komponennya  lebih  banyak,  sehingga
kebanyakan kopling pegas spiral ini digunakan pada  kendaraan  menengah  dan  berat  yang
mengutamakan kekuatan dan bekerja pada putaran lambat.



2. Kорlіng реgаѕ dіарhrаgmа 



Kopling adalah salah satu komponen yang termasuk dalam kategori chasis Jenis - Jenis Pegas Penekan Pada Kopling Gesek

Adalah  unit  kopling  dengan  pegas  penekannya  berbentuk  diaphragma.  Penggunaan  pegas
diaphragma mengatasi kekurangan dari pegas spiral.  Namun pegas diaphragma mempunyai kekurangan :  kontruksinya  tidak  sekuat  pegas  spiral  dan kurang responsive  (kerjanya  lebih  lambat),  sehingga kebanyakan kopling pegas diaphragm ini digunakan  pada  kendaraan  ringan  yang  mengutamakan  kenyamanan.


Post a Comment for "Jenis - Jenis Pegas Penekan Pada Kopling Gesek"