#7 Kelebihan Mobil Transmisi Manual Dibandingkan Mobil Transmisi Matic

Kеlеbіhаn mоbіl mаnuаl - membeli dan memiliki mobil dengan type transmisi manual bukan berarti anda sudah ketinggalan jaman, sebab pemilihan model transmisi ini memang sebuah pilihan, salah memilih sudah barang tentu akan membuat anda menyesal nantinya bukan ?

Walaupun trend kedepan mengenai mobil dengan transmisi matic sangatlah berkembang pesat, hal ini karena didasarkan karena cara mengoperasikannya yang terbilang sangat mudah, kaki tidak terasa pegal sat menginjak pedal kopling seperti di mobil manual karena memang pada mobil matic sistem koplingnya sudah otomatis, anda tinggal menginjak pedal gas dan rem saja.

Nah pertanyaannya sekarang adalah kenapa saat mobil bertransmisi matic pertumbuhannya kian pesat, tetap saja ada orang yang lebih memilih menggunakan model transmisi manual ? jawabannya ada pada beberapa kelebihan yang ada pada mobil bertransmisi manual dibawah ini lah yang membuat banyak orang masih sangat menyukainya, apa sajakah itu ? silahkan disimak dibawah ini.

Kеlеbіhаn mоbіl bеrtrаnѕmіѕі mаnuаl


 membeli dan memiliki mobil dengan type transmisi manual bukan berarti anda sudah ketingga #7 Kelebihan Mobil Transmisi Manual Dibandingkan Mobil Transmisi Matic


1. Fіtur еngіnе brаkе уаng lеbіh bаguѕ

Walaupun pada mobil matic bisa dilakukan engine brake, namun kemampuan dari engine brake ini lebih terasa pada mobil bertransmisi manual. Teknik engine brake adalah sebuah teknik untuk menurunkan kecepatan dengan jalan menurunkan transmisi ke gigi yang lebih rendah secara bertahap guna membantu sistem pengereman. Contoh simpel adalah ketika anda sedang melewati jalanan yang menurun, dengan menggunakan teknik ini maka laju kendaraan bisa ditahan dan dikontrol agar tidak meluncur kebawah, jadi kita tidak hanya mengandalkan rem mobil saja.

Baca juga : Sеtіr mоbіl bunуі ѕааt dірutаr ? lаkukаn hаl іnі untuk mеngаtаѕіnуа

2. Trаnѕmіѕі Mаnuаl Lеbіh Hеmаt Bаhаn Bаkаr

Untuk masalah bahan bakar, mobil bertransmisi manual lebih irit dibandingkan dengan mobil matic, hal ini sudah pasti karena pada mobil jenis manual kita bisa dengan mudah mengatur putaran mesin dan memilih gigi transmisi yang tepat saat mobil melaju.

3. Trаnѕmіѕі Mаnuаl Lеbіh Bаguѕ untuk Pеmulа

Istilah yang menggambarkan bahwa seorang pengemudi sesungguhnya adalah pengemudi yang menggunakan 3 buah pedal "Real Driver uses Three Pedals" memang sangat tepat untuk disandangkan kepada mereka yang menggunakan mobil transmisi manual. Selain itu mobil manual juga sangat bagus dan cocok digunakan oleh pemula yang baru belajar mengemudikan mobil, kenapa demikian ? Karena seorang pemula sebaiknya harus tahu dasar dasar mengemudi yang basic nya ada pada kendaraan bertransmisi manual.

4. Pеngеmudі Mоbіl Mаnuаl Lеbіh Mаmрu Bеrkоnѕеntrаѕі

Pengemudi yang menggunakan transmisi model manual biasanya memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, hal ini lantaran mereka harus pandai memainkan ketiga buah pedal serta setir kemudi sehingga aktifitas lain seperti menelepon ataupun bermain main dengan gadget bisa sedikit dikurangi.

5. Hаrgа mоbіl trаnѕmіѕі mаnuаl lеbіh murаh

Karena teknologi kendaraan matic ini tergolong teknologi mahal, jadi harga untuk mobil yang sama persis typenya akan jauh lebih mahal yang menggunakan transmisi matic bila dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmini manual bukan ? Nah maka dari itulah mobil ini sangat baik dijadikan pilihan, selain harganya yang lebih murah tentu cara dan biaya perawatannya lebih mudah.

6. Pеrаwаtаn Mоbіl Trаnѕmіѕі Mаnuаl Lеbіh Mudаh Dаn Murаh

Dilihat dari perawatannya, mobil transmisi manual ini membutuhkan biaya yang lebih murah serta cara perawatannya pun mudah bila dibandingkan dengan mobil matic. Sebagai contoh bila transmisi mobil manual bermasalah biasanya sebatas pada area kopling yang sudah aus dan waktunya ganti, yang paling parah mungkin karena rompalnya gigi transmisi akibat kesalahan pengemudi dalam memainkan gigi perseneling, untuk biaya perbaikan dan penggantian part saja tidak lebih dari 3 juta rupiah.

Berbeda lagi bila yang bermasalah adalah transmisi mobil matic, untuk penggantian suku cadang saja sangat mahal sekali bisa sampai diatas 5 juta sampai 7 juta rupiah, belum lagi penggantian oli transmisi serta biaya jasa pembongkaran yang belum include.

7. Akѕеlеrаѕі Mоbіl Mаnuаl Lеbіh Bаіk

Menggunakan mobil bertransmisi manual memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh mobil matic yakni masalah akselerasi yang bisa diatur dan dimainkan sesuka hati tergantung keahlian anda dalam memainkan kopling + gas. Akselerasi jauh terasa responsive di tarikan awal, berbeda dengan mobil matic yang snagat lambat sekali tarikannya di awal.

Baca juga : Mаu tіnggаlkаn mоbіl lаmа dіrumаh ? Pеrѕіарkаn саrаnуа ѕереrtі іnі

Nah bagaimana apakah anda masih tertarik untuk membeli mobil bertransmisi matic ataukah lebih memilih menggunakan mobil transmisi manual saja sebagai tunggangan sehari hari, itu semua terserah anda karena bagaimanapun andalah yang menggunakannya, bukan saya :).


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu