Alasan Kenapa Saringan Udara Yang Kotor Bikin Boros Bensin

Fіltеr udаrа kоtоr bіkіn bоrоѕ bаhаn bаkаr - mungkin anda pernah mendengar bahwa saringan udara atau air filter mobil yang sudah kotor bisa menyebabkan kendaraan menjadi boros bahan bakar, sebagian dari anda yang belum begitu paham dan tahu asal muasalnya pasti tidak akan percaya dengan pernyataan yang demikian. Namun memang itulah kenyataannya bahwa saringan udara yang kotor memang bisa membuat konsumsi BBM mobil menjadi boros.

Alasan ini sangat masuk akal mengingat fungsi utama dari filter udara ini adalah untuk menyaring udara dari luar yang akan dimasukkan kedalam ruang bakar yang nantinya disana akan dicampurkan dengan bahan bakar dan dipantik dengan busi sehingga terjadilah ledakan yang menimbulkan daya dorong yang kuat untuk mendorong dan menggerakkan piston, pergerakan dari piston ini akan memutar crankshaf yang nantinya tenaga putar ini didistribusikan ke transmisi dan penggerak roda.

Filter udara kotor bikin boros bahan bakar Alasan Kenapa Saringan Udara Yang Kotor Bikin Boros Bensin

Baca juga : Tірѕ mеmbеrѕіhkаn ѕаrіngаn udаrа mоbіl

Pеnуеbаb mеѕіn bоrоѕ bаhаn bаkаr kаrеnа fіltеr udаrа kоtоr

Nah karena saringan udara yang kotor ini, otomatis kebutuhan oksigen sebagai bahan untuk proses pembakaran didalam ruang mesin menjadi tidak seimbang alias kekurangan oksigen, dan akibatnya tenaga mesin atau tarikan mesin menjadi berat. Apa yang anda pikirkan jika tarikan mesin berat ? sudah pasti anda akan menekan pedal gas lebih dalam lagi untuk mendapatkan tarikan yang diinginkan bukan ? inilah yang membuat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi boros dan terbuang sia sia hanya dikarenakan saringan udara yang kotor dan tersumbat debu tadi.

Jadi ketika filter udara mobil anda kotor maka efek pertama yang anda rasakan adalah tarikan mesin terasa berat karena pasokan udara kedalam ruang bakar yang kurang maksimal, selanjutnya akan merembet ke penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih boros dari biasanya, dan yang terakhir adalah membuat kantong anda jebol hanya untuk mengisi bahan bakar yang boros ini.

Nah oleh karena itu maka bila anda mendapati saringan udara sudah kotor dan penuh debu, sebaiknya dibersihkan dengan cara disemprot dengan menggunakan angin bertekanan tinggi, bila anda rutin ke bengkel biasanya setiap servis selalu dibersihkan saringan udaranya, namun bila kalian jarang ke bengkel bisa meminta tolong tukang tambal ban pinggir jalan untuk menyemprot saringan udara mesin mobil.

Oh iya untuk jenis saringan udara sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yang pertama adalah saringan udara kering dimana komponennya ini tidak mengandung minyak, sedangkan yang kedua adalah yang type lembab yang biasanya pada bagian saringan udara terdapat seperti minyak yang berfungsi untuk lebih memaksimalkan penyaringan, namun efeknya saringan menjadi mudah kotor dan untuk saringan yang type ini jika sudah kotor tidak dapat dibersihkan dan harus sebaiknya diganti.

Lаlu bаgаіmаnа jіkа ѕаrіngаn udаrа tіdаk dіраѕаng ?

Wah kalai yang satu ini sebaiknya tidak anda lakukan, karena dengan melepas saringan udara tentu saja kotoran baik debu atau bahkan pasir dan kerikil bisa masuk langsung menuju ruang bakar yang pada akhirnya malah merusak jeroan mesin mobil.

Baca juga : Aра іtu trаnѕmіѕі CVT mеngеnаl trаnѕmіѕі mоbіl CVT

Nah bagaimana apakah anda sudah mengerti dan memahami hubungannya antara saringan filter udara yang kotor dengan borosnya pemakaian bahan bakar ? Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan tulisan ini.


Post a Comment

0 Comments

Close Menu