-->

Apa Itu Cruise Control ? Pengertian Cruise Control Dan Cara Kerjanya

Tеknоlоgі сruіѕе соntrоl ѕрееd соntrоl - perkembangan industri otomotif kian tahun makin berkembang secara pesat, hal ini terbukti hingga saat ini teknologi terbaru yang sudah ditemukan dan telah diaplikasikan kedalam sebuah mobil serta sudah diuji coba adalah self drive, teknologi ini memungkinkan sang pengendara mobil dapat menyetel kendaraan agar bisa mengemudi di jalan raya secara otomatis.

Pada kesempatan kali ini kita tidak membahas teknologi self drive melainkan membahas teknologi yang sudah lama ditemukan namun masih belum begitu banyak pengemudi yang tahu mengenai teknologi yang satu ini, yakni teknologi cruise control atau speed control. Awal mula ditemukannya teknologi ini tak lain dan tak bukan adalah karena banyaknya pengemudi yang merasakan kecapai an saat berkendara di jalan raya sehingga para ahli pun merancang suatu teknologi cruise control ini guna mengatasi masalah ini.

 perkembangan industri otomotif kian tahun makin berkembang secara pesat Apa Itu Cruise Control ? Pengertian Cruise Control Dan Cara Kerjanya

Aра іtu Cruіѕе Cоntrоl ? Pеngеrtіаn tеknоlоgі сruіѕе соntrоl

Cruise control biasa disebut juga dengan sebutan speed control atau control cruise, yaitu sebuah teknologi yang diciptakan guna memberikan kemudahan serta kebebasan bagi si pengemudi mobil untuk berkendara pada kecepatan stabil di jalan raya tanpa harus menginjak pedal gas sehingga kaki dari si pengemudi tidak mudah capek karena terus menerus menginjak pedal gas.

Baca juga : Tеknоlоgі kеѕеlаmаtаn сrumрlе zоnе уаng tаk bаnуаk dіkеtаhuі

Cаrа kеrjа сruіѕе соntrоl раdа mоbіl

Cara kerja dari teknologi ini sangat sederhana, yakni ketika fungsi cruise control ini diaktifkan, maka bukaan katup throttle diatur oleh perangkat elektronil yang diatur oleh ECU mesin mobil sehingga suplay bahan bakar keruang mesin menjadi konstan, dengan begitu kecepatan mobil pun menjadi stabil di angka tertentu yang diinginkan oleh si pengemudi, misalnya pada kecepatan 80km/jam. Pada umumnya fitur cruise control pada mobil ini hanya bisa diaktifkan pada kecepatan diatas 40 km/ jam, jadi bila ingin melakukan aktivasi cruise control setidaknya mobil harus melaju diatas 40 km / jam.

Fungѕі Tеkhnоlоgі Cruіѕе Cоntrоl Sуѕtеm

Dari penjelasan diatas tentu saja anda bisa menarik kesimpulan bahwa fungsi dri teknologi speed control atau cruise control ini tidak lain adalah untuk lebih memudahkan manusia dalam mengoperasikan kendaraan. Membantu si pengemudi agar tidak merasa capek ketika berkendara khususnya dibagian kaki karena dengan teknologi ini anda tidak perlu lagi menginjak pedal gas, cukup fokuskan mata untuk mengemudi saja. Di beberapa kendaraan yang berkelas teknologi cruise control juga dilengkapi dengan sensor jarak, dimana ketika mobil yang sedang aktif cruise controlnya mendekat ke kendaraan lain didepan maka secara otomatis akan mematikan fitur ini.

Bаgаіmаnа Cаrа Mеnggunаkаn Cruіѕе Cоntrоl Sуѕtеm?

Untuk cara aktivasi fitur auto cruise atau cruise control ini setiap pabrikan memiliki cara dan aturannya sendiri, maka dari itu silahkan anda baca kembali buku pedoman pemilik tentang bagaimana cara aktivasi sistem cruise control pada mobil anda dan hal hal apa saja yang perlu dilakukan setelahnya. Namun secara umum proses aktivasinya hampir sama, dibawah ini adalah ilustrasi bagaimana menyalakan fitur cruise control pada sebuah mobil.

Sistem cruise ini berjalan dengan menggunakan switch utama, switch control dan juga pedal gas dan rem, desain dari tombol switch ini pun berbeda beda pada tiap model kendaraan, namun pada umumnya switch ini memiliki 5 jenis mode operasi yang diantaranya adalah Coast, Set, Resume, Accelerate dan juga cancel. Untuk mengatur dan mengaktifkan cruise control ini yang pertama adalah dengan menekan tombol pada switch utama kemudian melepasnya hingga ada lampu indikator yang menyala didalam dasboard mobil.

Setelah lampu indikator aktif, silahkan anda injak pedal gas sampai kecepatan yang diinginkan ( diatas 40 km/jam ) misalnya anda injak sampai kecepatan 60km / jam, setelah itu dorong tuas cruise control kearah bawah kemudian lepaskan, dengan begitu memori cruise akan menyimpan data tersebut dan mengatur bukaan throttle agar sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

 perkembangan industri otomotif kian tahun makin berkembang secara pesat Apa Itu Cruise Control ? Pengertian Cruise Control Dan Cara Kerjanya
Sаlаh ѕаtu реnаmраkаn thrоttlе dеngаn 2 buаh kаbеl реngеndаlі, ѕаlаh ѕаtunуа dаrі сruіѕе соntrоl ѕуѕtеm


Cаrа mеmаtіkаn fіtur сruіѕе соntrоl

Biasanya setiap mobil yang terdapat fitur cruise control ini juga memasang sensor sensor khusus di bagian pedal rem dan juga pedal kopling, jadi untuk mematikan fitur ini cukup anda injak pedal rem ataupun pedal kopling mobil sehingga secara otomatis fungsi control speed ini akan mati. Untuk cara lain biasanya dengan cara menekan tombol off, untuk lebih memastikan bagaimana cara mematikan fitur cruise pada mobil kalian sebaiknya baca kembali buku pedoman pemilik.

Kараn Cruіѕе Cоntrоl Tіdаk Bоlеh Dіgunаkаn?

Dalam penggunaannya si pengemudi juga harus tahu kapan saat yang tepat untuk mengaktifkan fitur ini karena bila tidak, bahaya akan menghampiri anda pastinya. Cruise control ini sangat dilarang digunakan di jalan raya yang banyak terdapat tikungan, tanjakan, turunan ataupun didalam perkotaan, bahkan di negara yang memiliki musim salju tidak disarankan mengaktifkan fitur ini karena rawan slip. Anda hanya bisa menggunakan fitur cruise control ini di jalan tol yang kondisinya lenggang, tidak padat atau bisa juga diaktifkan di jalan raya antar kota yang kondisinya tidak terlalu padat alias lenggang.

Sіѕtеm Cruіѕе Cоntrоl Yаng Lеbіh Cаnggіh

Untuk mobil yang kelas mewah fitur cruise controlnya lebih canggih lagi karena telah mengadopsi sebuah sistem ACC atau Adaptive Cruise Control dimana sistem ini menggunakan sebuah radar atau inframerah pada bagian depan sehingga mampu melakukan pengereman serta menambah kecepatan kembali secara otomatis, kita tinggal mengendalikan setir kemudi saja.

 perkembangan industri otomotif kian tahun makin berkembang secara pesat Apa Itu Cruise Control ? Pengertian Cruise Control Dan Cara Kerjanya

Penamaan fitur ini setiap manufaktur kendaraan memberikan penyebutan yang berbeda beda, mungkin agar terlihat lebih keren saja, dibawah ini adalah beberapa sebutan teknologi cruise control yang bisa anda ketahui :

  • Aсtіvе Cruіѕе Cоntrоl - BMW
  • Dіѕtrоnіс Pluѕ - Mеrсеdеѕ-Bеnz
  • Intеllіgеnt Cruіѕе Cоntrоl - Nіѕѕаn
  • Smаrt Cruіѕе Cоntrоl - Hуundаі
  • Dуnаmіс Rаdаr Cruіѕе Cоntrоl - Lеxuѕ


Baca juga : Aра ѕіh уаng dіmаkѕud реnutіhаn раjаk kеndаrааn bеrmоtоr ? Bаса dіѕіnі

Penggunaan teknologi cruise control dengan benar selain menambah kenyamanan anda dalam berkendara juga akan lebih menghemat konsumsi bahan bakar mobil karena penggunaan kecepatan yang konstan ini. Ingat, pastikan anda memperhatikan keselamatan baik diri sendiri maupun orang disekeliling anda sebelum mengaktifkan fitur cruise control.


LihatTutupKomentar