Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu ESC Electronic Stability Control Pada Mobil

Pеngеrtіаn tеknоlоgі ESC раdа mоbіl - ESC atau yang dikenal dengan istilah Electronic Stability Control sering juga disebut dengan istilah lain seperti DSC ( Dynamic Stability Control ) ataupun ESP ( Electronic Stability Program ) dimana teknologi ini sangat berguna untuk meningkatkan stabilitas dan juga keamanan sebuah kendaraan dengan cara melakukan pendeteksian khusus terhadap roda kendaraan yang kehilangan traksinya, kemudian sistem akan memberikan tenaga tambahan ataupun menguranginya pada bagian tersebut sehingga kontrol kendaraan menjadi terkendali.

 ESC atau yang dikenal dengan istilah Electronic Stability Control sering juga disebut den Apa Itu ESC Electronic Stability Control Pada Mobil

Cara kerjanya simpel, pertama sistem akan mendeteksi bagian roda mana yang kehilangan traksinya saat melaju, baru kemudian dengan diatur oleh komputer, bagian roda yang kehilangan traksi tadi akan diperlambat dengan memberikan pengereman sehingga traksi akan didapatkan kembali. Perlambatan atau pengereman ini diterapkan secara individu ke bagian roda yang kehilangan traksi saja.

Beberapa sistem yang ada pada ESC juga kadang mengurangi tenaga mesin untuk memperoleh kendali kontrol jika mobil mengalami understeer ataupun oversteer.

Dengan kata lain sistem electronyc stability control ini TIDAK memberikan peningkatan kinerja kendaraan atau memberikan tingkat stabilitas yang lebih tinggi namun hanya sebatas mminimalisir kendaraan dari kehilangan kontrol sehingga si pengemudi dapat mengendalikan arah mobilnya.

Baca juga : Pеngеrtіаn undеrѕtееr dаn оvеrѕtееr раdа mоbіl

Di beberapa merk mobil teknologi ini juga memiliki penamaan yang berbeda beda tergantung manufakturnya. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Apa Itu ESC Electronic Stability Control Pada Mobil"