Bahaya Melepas Saringan Udara Mobil Motor

Rеѕіkо mеlераѕ ѕаrіngаn udаrа kеndаrааn - salah satu komponen yang sangat penting untuk selalu dipasang pada kendaraan baik itu mobil maupun motor untuk melindungi mesin dari kerusakan salah satunya adalah filter udara atau saringan udara. Dan pernahkah anda mendengar mitos bahwa melepas saringan udara ini bisa membuat performa mesin menjadi meningkat ?

Jika iya memang dengan melepas saringan udara membuat aliran udara yang terhisap kedalam mesin melalui langkah hisap menjadi bebas tanpa adanya hambatan dari kisi kisi saringan udara, dengan demikian kebutuhan udara yang masuk kedalam ruang mesin ini jauh lebih banyak dibandingkan mesin kendaraan yang menggunakan saringan udara. Namun apakah ada efek negatif dari melepas saringan udara pada mesin motor ataupun mobil ?

 salah satu komponen yang sangat penting untuk selalu dipasang pada kendaraan baik itu mob Bahaya Melepas Saringan Udara Mobil Motor

Sаrіngаn udаrа kоtоr dараt mеnurunkаn реrfоrmа mеѕіn dаn bоrоѕ bеnѕіn

Mobil yang menggunakan saringan udara dan tidak pernah dibersihkan maka secara otomatis debu dan kotoran yang terjebak diantara kisi kisi saringan akan menghambat aliran udara yang akan menuju kedalam ruang bakar. Hasilnya adalah kebutuhan akan oksigen sebagai syarat mutlak terjadinya pembakaran menjadi tidak terpenuhi alias kurang, Karena pasokan oksigen kurang maka kompresi mesin pun menjadi kurang maksimal.

Nah kompresi mesin yang kurang tinggi inilah yang menyebabkan tenaga mesin menjadi kurang, efeknya tarikan mesin jadi kurang responsif. Dan karena dirasa kurang responsif ini biasanya pengemudi secara reflek akan menginjak pedal gas jauh lebih dalam sehingga suplay bahan bakar ke ruang mesin menjadi berlebih dan bahan bakar pun menjadi boros. Karena alasan ini pula lah banyak orang yang berinisiatif untuk melepas saringan udara saja.

Rеѕіkо mеlераѕ ѕаrіngаn udаrа раdа mеѕіn mоbіl dаn mоtоr

Setiap tindakan yang kita lakukan tentu saja ada resiko atau efek negatif yang ditimbulkan termasuk dengan melepas komponen saringan udara mesin mobil / motor ini. Salah satu resiko paling berbahaya ketika anda memutuskan untuk melepas atau tidak menggunakan saringan udara pada mesin kendaraan adalah mesin mobil ataupun motor menjadi cepat rusak.

Hal ini disebabkan karena seluruh material asing seperti debu, kotoran, sampah daun bahkan kerikil yang mungkin beterbangan dan tidak sengaja terhisap mesin akan langsung masuk kedalam ruang bakar. Jika sampai hal ini terjadi selama beberapa waktu tentu saja kotoran dari benda asing ini akan merusak komponen mesin terutama pada bagian liner / dinding ruang bakar dan juga pada klep intake sehingga membuat kompresi mesin jadi bocor.

Baca juga : Pеnуеbаb kеnара kоmрrеѕі mеѕіn bіѕа bосоr

Sebenarnya jika kalian rutin membersihkan saringan udara, tarikan mesin yang kurang ataupun mesin boros bahan bakar tidak akan pernah terjadi, dan karena kalian sendiri yang malas lah yang menyebabkan demikian dan malah menyalahkan saringan udara yang terpasang dan memilih untuk membuangnyas saja.

Baca juga : Cаrа аmрuh mеnіngkаtkаn tеnаgа mеѕіn

Maka dari itu sebelum anda memutuskan melepas saringan udara mesin kendaraan sebaiknya dipikirkan matang matang terlebih dahulu mengenai resiko yang akan terjadi dikemudian hari. Jika anda sudah tahu dan siap mengambil resiko yang diakibatkan melepas air filter ini, silahkan anda lepas :).

Post a Comment

0 Comments

Close Menu