Bahaya Terlalu Banyak Mengisi Air Aki

Bаhауа іѕі аіr аkі kеbаnуаkаn - pada sebuah aki basah, keberadaan air aki sangatlah penting sekali, sebab tanpa adanya cairan elektrolit didalamnya, kemampuan aki dalam menyimpan energi listrik menjadi berkurang atau tidak bisa sama sekal. Maka dari itu sebaiknya kita sebagai pemilik mobil wajib memeriksa ketinggian air aki mobil, setidaknya setiap satu bulan sekali anda melakukan pemeriksaan ketinggian air didalam aki, jika ketinggiannya menurun atau berkurang dibawah garis, maka sesegera mungkin anda lakukan penambahan.

Dan untuk menambah air aki ini tidak boleh terlalu banyak, cukup anda tambahkan sampai batas maksimal yang biasanya terdapat pada body aki karena terlalu banyak memasukkan air aki ini juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan aki mobil. Dan beberapa hal dibawah ini yang akan terjadi jika kalian memaksakan mengisi air aki terlalu banyak.

 keberadaan air aki sangatlah penting sekali Bahaya Terlalu Banyak Mengisi Air Aki



Aіr аkі аkаn mеlubеr

Didalam proses kerja aki, ketika sebuah aki dialiri arus listrik dari alternator, maka didalamnya akan terjadi reaksi kimia dimana nantinya akan menghasilkan uap air dan juga sedikit gelembung. Jika ternyata air aki ini terlalu penuh, bisa dipastikan air yang ada didalamnya akan keluar dan membasahi baik itu kutub aki maupun komponen lain yang ada didalam ruang mesin. Ingat bahwa air aki ini bersifat asam yang bisa menyebabkan timbulnya karat secara spontan dan mengikis body mobil.

Tіmbulnуа kеrаk аkі аtаu jаmur аkі

Menyambung dari poin nomor satu diatas jika sampai air aki ini meluber dan mengenai bagian kutub aki, besi pengunci aki ataupun body mobil, selain menimbulkan karat, kondisi yang lembab ini akan memudahkan jamur tumbuh subur di area tersebut. Maka dari itu sebaiknya jaga selalu ketinggian air aki, dan pastikan setelah mengisi air aki sisa sisa cairan yang tercecet untuk segera di lap.

Ruѕаknуа kоmроnеn реntіng dіѕеkіtаr аkі

Selain menyebabkan karatan jika air aki ini sampai tumpah dan meluber dimana mana, mengisi air aki yang terlalu berlebih ini jika meluber juga akan berdampak fatal terhadap komponen lain yang ada disekitar aki, baik itu dibagian sisi samping ataupun dibagian bawah, terutama bagian sensor sensor. Beberapa kasus pada mobil nissan yang memiliki sensor matic tepat dibagian bawahnya, jika terkena tumpahan aki brakibat mobil tidak bisa jalan akibat rusaknya sensor, kasus ini pernah kami bahas pada tulisan sebelumnya di : Nіѕѕаn grаnd lіvіnа іѕі аkі bеrlеbіhаn ѕеnѕоr mаtіс ruѕаk

Mеmреrреdеk umur аkі mоbіl

Dan hal yang paling membahayakan jika mengisi air aki terlalu banyak bahkan sampai luber adalah umur pakai aki menjadi pendek disebabkan karena kinerja aki menjadi terganggu akibat kesalahan perawatan seperti ini. Dan pastinya jika umur aki menjadi pendek, anda harus menggantinya dengan aki mobil yang baru.

Baca juga : Bеrbаgаі kеruѕаkаn уаng ѕеrіng mеnуеrаng аkі mоbіl

Setiap komponen vital yang ada pada kendaraan tentu memiliki cara perawatan serta ketentuannya masing masing, kita tidak boleh sampai melakukan kesalahan yang mungkin terlihat sangat sepele, namun bisa berakibat fatal. Semoga bermanfaat.


Post a Comment

0 Comments

Close Menu