Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Penyebab Mobil Panther / Diesel Masuk Angin

Sеbаb mеѕіn dіеѕеl раnthеr mаѕuk аngіn - masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kendaraan bermesin diesel adalah mobil sangat sulit distarter akibat masuk angin. Masuk angin ini adalah istilah yang biasa digunakan untuk menjelaskan bahwa didalam sistem saluran bahan bakar terdapat gelembung udara yang sewaktu waktu dapat ikut mengalir melalui pipa pipa yang menuju injektor dan memutus aliran bahan bakar.

Hal inilah yang kemudian menyulitkan mobil bermesin diesel untuk distarter. Bahkan yang sudah parah, bahan bakar susah untuk naik atau masuk kedalam saluran bahan bakar dan kita harus memompa klep ( priming up ) yang ada pada tabung sedimenter guna memompa naik bahan bakar dari dalam tangki menuju keatas.

 masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kendaraan bermesin diesel adalah mobil sangat s Berbagai Penyebab Mobil Panther / Diesel Masuk Angin
Biasanya penyebab dari masuk angin di mobil diesel ini sangat beragam yang diantaranya adalah kurang lebih sebagai berikut ini :

Pеnуеbаb mоbіl іѕuzu раnthеr mаѕuk аngіn

1. Mоbіl реrnаh аtаu ѕеrіng kеhаbіѕаn bаhаn bаkаr

Kendaraan bermesin diesel yang seringkali mengalami kehabisan bensin diperjalanan akan membuat angin atau udara juga akan ikut terhisap naik melalui selang bahan bakar, sebagian akan masuk kedalam tabung sedimenter dan sebagian lagi gelembung gelembung udara tersebut tetap bersarang didalam pipa atau selang bahan bakar. Sama halnya seperti saluran rem yang terisi gelembung udara, pada saluran bahan bakar pun akan terjadi hal yang demikian dan jika dibiarkan akan membuat tekanan bahan bakar menjadi melemah alias gembos.

Sementara pada mesin diesel tekanan injeksi bahan bakar harus tinggi, dan jika sampai gembos seperti ini akan membuat mesin gagal distarter. Selain itu gelembung yang ikut masuk kedalam tabung sedimenter dan ikut mengalir ke selang injeksi, bisa dipastikan gelembung ini dapat memutus aliran bahan bakar.
Baca juga : Pеrhаtіkаn hаl bеrіkut іnі ѕеbеlum mеmbеlі mоbіl раnthеr bеkаѕ


2. Kаrеnа реnggаntіаn kоmроnеn раdа ѕіѕtеm bаhаn bаkаr

Penyebab mobil bermesin diesel masuk angin selanjutnya adalah karena adanya penggantian pada komponen sistem bahan bakar seperti mengganti saringan solar, mengganti selang bahan bakar ataupun nozzle injektor yang sudah rusak. Ketika salah satu dari komponen tersebut dibuka maka sudah bisa dipastikan udara dari luar sistem akan ikut masuk kedalam. Biasanya di bengkel bengkel resmi setiap kali melakukan penggantian part akan membleding guna membuang udara yang mungkin terperangkap didalam saluran sistem bahan bakar.

3. Kаrеnа рrоѕеѕ mеmbuаng аіr dаrі wаtеr ѕеdіmеntеr

Penyebab lain kenapa udara bisa masuk kedalam sistem bahan bakar selanjutnya adalah karena kesalahan dalam proses membuang air yang ada didalam tabung water sedimenter. Biasanya yang kurang paham mengenai mesin diesel hanya akan membuka sumbar drainase air pada tabung sedimenter, membuang air yang ada didalamnya dan kemudian menutup kembali tanpa membleding bahan bakar. Prinsip ini sama halnya dengan proses penggantian salah satu komponen sistem bahan bakar, ketika anda membuka sumbat drainase untuk menguras air, air yang bercampur solar akan keluar, namun udara dari luar akan langsung ikut masuk kedalam tabung sedimenter. Oleh sebab itu setiap kali membuang air yang tersaring didalam tabung sedimenter jangan lupa membledingnya kembali.

#Tірѕ аgаr mоbіl dіеѕеl ѕереrtі раnthеr tіdаk ѕеrіng mаѕuk аngіn

Agar kendaraan bermesin diesel dengan teknologi lama tidak sering mengalami masuk angin, sebaiknya anda selalu perhatikan tangki bahan bakar, usahakan segera mengisi bahan bakar sebelum jarum indikator bahan bakar menunjukkan huruf E ( empty ). Selain itu lakukan penggantian part apapun yang ada kaitannya dengan bahan bakar di bengkel resmi ataupun bengkel langganan anda yang sudah terpercaya, Karena mekanik bengkel resmi ini sudah tahu apa yang harus dilakukan. 

Untuk mobil bermesin diesel yang sudah mengadopsi teknologi baru seperti EFI, anda tidak perlu kuatir lagi dengan masalah masuk angin atau angin palsu sebab teknologi EFI ini memungkinkan mesin akan melakukan proses pembuangan udara yang terperangkap didalam sistem injeksi bahan bakar secara otomatis. Beberapa mobil bermesin diesel yang sudah mengaplikasikan teknologi EFI pada mesin diesel ini antara lain adalah Toyota Kijang Innova, dan Isuzu D-Max. Untuk cara mengatasi mobil bermesin diesel yang masuk angin silahkan anda baca tulisan terdahulu kami dibawah ini.
Baca juga : Cаrа mudаh mеngаtаѕі Iѕuzu Pаnthеr уаng mаѕuk аngіn

Post a Comment for "Berbagai Penyebab Mobil Panther / Diesel Masuk Angin"