Cara Menghitung Barang Muatan Bagasi Mobil Yang Benar

Cаrа mеnghіtung bаrаng muаtаn dі mоbіl - sebuah kendaraan tentu saja memiliki kemampuan dalam mengangkut barang bawaan yang berbeda, hal ini tergantung dengan mobil jenis apa yang kalian gunakan dan juga seberapa besar kemampuan ban dalam menyangga muatan barang bawaan anda di bagasi mobil.

Terkadang ketidak tahuan dari pengguna, mereka membawa muatan yang bobotnya melebihi kemampuan yang bisa dibebankan terhadap roda sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan komponen mobil menjadi lebih besar, terutama pada bagian ban dan juga shock absorber.

Muatan yang terlalu berlebih ini dapat merusak ban mobil serta shockbreaker, serta dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan di jalan raya, oleh sebab itu anda sebagai pengguna kendaraan bermotor roda empat wajib tahu bagaimana menghitung beban muatan mobil yang hendak kalian bawa ini dengan membaca informasi yang tertera pada ban mobil.

 sebuah kendaraan tentu saja memiliki kemampuan dalam mengangkut barang bawaan yang berbed Cara Menghitung Barang Muatan Bagasi Mobil Yang Benar

Cаrа mеnghіtung bеbаn muаtаn bаrаng bаgаѕі mоbіl

Untuk melakukan perhitungan seberapa besar muatan yang bisa kalian angkut di mobil pribadi anda, anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa berat kosong kendaraan dan juga berat penumpang ( dikira kira saja tidak perlu ditimbang ). Biasanya berat mobil bisa anda ketahui di brosur mobil, atau jika anda tidak memiliki brosur bisa mencari berat kosong kendaraan yang kalian miliki di internet.

Sebagai contoh adalah sebuah mobil avanza memiliki berat kosong sebesar 1045Kg yang nantinya akan dinaiki oleh 6 orang penumpang dengan total berat ke enam penumpang tadi setelah dikira kira adalah seberat 6 x 70 = 420Kg.

Kemudian mobil tersebut menggunakan ban merk Bridgestone Ecopia EP 150 dengan spesifikasi 175/65 R14 82H, maka ban jenis ini sesuai dengan tabel max load index ban dapat mengangkut beban maksimal sebesar 475Kg, karena ban mobil ada 4 maka sebuah mobil avanza dengan menggunakan ban tersebut diatas mampu mengangkut beban total seberat 4 x 475 = 1900Kg.

Perhitungan beban bagasi maksimal yang bisa diangkut
Beban maximum - ( beban mobil + beban 4 orang )
1900Kg - ( 1045 + 420 )
1900 - 1465
=435Kg

Jadi berat barang bawaan yang bisa kalian angkut dengan menggunakan mobil avanza yang memakai ban dengan ukuran seperti diatas hanya mampu mengangkut barang muatan seberat 435Kg atau 4.3 kuintal saja. Nah bagi pemilik toko yang sering kulakan dengan menggunakan mobil pribadi bukan angkutan, sebaiknya jangan terlalu memaksakan mobilnya untuk mengangkut ya.

Bаgаіmаnа jіkа mоbіl mеngаngkut bаrаng tеrlаlu bеrаt

Banyak sekali kerugian yang akan anda peroleh jika memaksakan mengangkut barang yang sangat berat jauh diluar max load index ban yang diantaranya adalah sebagai berikut :


  • Bоrоѕ реmаkаіаn bаhаn bаkаr
  • Bаn mеnjаdі аuѕ bаgіаn ѕіѕі luаr dаn dаlаm ѕеdаngkаn уаng bаgіаn tеngаh mаѕіh bаguѕ
  • Pеngеndаlіаn kеmudі mеnjаdі lеbіh ѕulіt tеrutаmа dі tіkungаn
  • Rеѕіkо kесеlаkааn dі jаlаn rауа
  • Mоbіl mеnjаdі gаmраng lіmbung ѕааt mеnіkung dаn rеѕіkо mоbіl tеrbаlіk
  • Shосk аbѕоrbеr / реrеdаm kеjut jаdі gаmраng bосоr аtаu ruѕаk


Dibawah ini adalah tabel max load index ban yang bisa kalian gunakan acuan untuk mengukur seberapa berat barang bawaan yang bisa diangkut oleh mobil yang menggunakan ban berkode load index berikut :

 sebuah kendaraan tentu saja memiliki kemampuan dalam mengangkut barang bawaan yang berbed Cara Menghitung Barang Muatan Bagasi Mobil Yang Benar

Satuan load index diatas bersifat satuan internasional atau SI sehingga bisa dipakai acuan untuk semua merk ban.

Baca juga : Wаѕраdа bаhауа tаmbаl bаn уаng bосоr ѕаmріng



Post a Comment

0 Comments

Close Menu