Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

Tірѕ mеnаіkkаn tеnаgа mеѕіn mоbіl -salah satu hal yang paling diinginkan yang ada pada sebuah kendaraan ialah kinerja mesinnya yang tangguh dan juga besar, besarnya tenaga mesin yang dihasilkan tentu akan membuat sebuah kendaraan mampu melaju dalam kecepatan yang tinggi sesuai dengan yang diinginkan pemiliknya.

Istilah umum yang digunakan sebagai satuan ukur tenaga mesin ialah Horse Power atau HP. Semakin nilai HP tersebut tingi maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan atau dikeluarkan dari sebuah mesin mobil. Untuk tiap jenis mobil sendiri memiliki spesifikasi standar mesin dan juga HP yang dihasilkan. Dan untuk membuat kendaraan tersebut dalam melaju dengan sangat kencang, maka kita perlu menaikkan angka Horse Power ini, dan dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan HP mesin mobil.

salah satu hal yang paling diinginkan yang ada pada sebuah kendaraan ialah kinerja mesinny Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil


Cаrа mеnіngkаtkаn tеnаgа mеѕіn mоbіl ( Hоrѕе Pоwеr )


1. Mеnggаntі Chір Kоmрutеr ( ECU )

Salah satu bagian penting yang dapat mengatur segala sesuatu yang dibutuhkan oleh mobil ialah Engine Control Unit atau yang disingkat dengan ECU. ECU ini berfungsi sebagai otaknya kendaraan dimana semua kontrol akan diolah disini. Untuk membuat semburan tenaga mesin menjadi tinggi anda bisa melakukan penggantian ECU mobil standart dengan ECU aftermarket yang didesain secara khusus. Namun kadang kala anda juga perlu melakukan perubahan lain seperti mengubah air intake dan juga sistem gas buang.

Baca juga : Akіbаt buruk mеngіѕі оlі mеѕіn tеrlаlu bаnуаk / bеrlеbіh


2. Mоdіfіkаѕі Sіѕtеm Gаѕ Buаng

Salah satu faktor terpenting yang ada didalam kendaraan yang bisa mempengaruhi tenaga mesin adalah saluran gas buang atau knalpot. Ukuran knalpon yang kecil akan memperlambat sisa gas buang untuk segera keluar dari dalam sistem, sebagian mungkin akan terjebak didalam ruang bakar sehingga hal ini akan membuat tenaga mesin menjadi loyo.

Agar HP mesin mobil meningkat anda bisa melakukan perubahan pada saluran gas buang, menganti bagian seperti header, free flow muffler dengan ukuran yang lebih besar agar udara sisa gas buang akan langsung bisa keluar sehingga efek tekanan balik gas buang bisa diminimalisir. Jika sistem gas buang mesin mobil ini lancar maka proses pembakaran didalam ruang mesin menjadi maksimal.

3. Mеmаѕаng Kоmроnеn Turbосhаrgеr

Ingat bahwa proses pembakaran didalam ruang mesin membutuhkan bahan bakar dan oksigen sebagai syarat mutlak agar bisa terjadi sebuah pembakaran. Dan fungsi utama dari turbocharger ini ialah untuk membantu memampatkan udara yang masuk kedalam silinder / ruang bakar. Dengan meningkatnya tekanan oksigen didalam ruang bakar maka proses pembakaran pun menjadi maksimal dan tenaga mesin pun menjadi lebih kuat. Dengan demikian hal ini berarti dengan memasang komponen turbocharger maka suplay oksigen didalam ruang bakar akan semakin meningkat, pastikan anda juga mengganti ukuran silinder dengan yang lebih besar.

Baca juga : Fungѕі turbосhаrgеr dаn nаmа kоmроnеn уаng аdа dіdаlаm turbосhаrgеr


4. Mеndіngіnkаn Udаrа Yаng Mаѕuk Dеngаn Intеrсооlеr

Suhu udara yang tinggi atau panas jika dimasukkan kedalam ruang bakar lalu dikompresi, maka udara tersebut akan menyusut karena udara bersuhu tinggi bentuk molekulnya lebih renggang jika dibandingkan dengan udara biasa atau udara dingin. Nah agar suplay oksigen didalam ruang bakar menjadi padat dan banyak, maka udara yang masuk tadi perlu didinginkan terlebih dahulu dengan menggunakan sebuah komponen yang disebut dengan Intercooler.

Komponen intercooler ini bentuknya mirip dengan radiator, namun bedanya yang didinginkan oleh intercooler ini adalah udara. Jadi setelah udara kompresi oleh turbocharger akan didinginkan terlebih dahulu didalam intercooler ini, setelah dingin barulah udara dimasukkan kedalam ruang bakar.

5. Mеngurаngі Bеbаn kеndаrааn

Kendaraan yang membawa muatan terlalu berat juga akan menghambat laju kendaraan. Dengan kata lain berat barang yang dimuat ini juga akan mempengaruhi nilai dari Horse Power mesin mobil dari yang standarnya A menjadi B setelah digunakan memuat beban berat. Oleh sebab itu mengurangi berat beban yang ada pada sebuah kendaraan juga bisa membuat tenaga mesin menjadi meningkat, namun yang perlu diingat adalah jangan mempreteli beberapa komponen yang ada didalam kendaraan yang memiliki fungsi penting seperti melepas ban serep misalnya.

6. Mеnggаntі Sаrіngаn Udаrа ( Aіr Fіltеr )

Saringan udara atau air filter memiliki peranan penting untuk menjaga ruang bakar terbebas dari kotoran baik itu pasir, debu atau bahkan kerikil karena sebelum udara masuk kedalam ruang bakar tentunya akan disaring terlebih dahulu di saringan udara ini. Untuk ukuran saringan udara mobil standard biasanya lebih rapat sehingga udara yang masuk kedalam mesin memang benar benar bersih namun akan sedikit terambat alirannya karena saking rapatnya komponen saringan udara.

Dengan melakukan penggantian saringan udara menggunakan produk aftermarket yang lebih renggang akan membuat aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar menjadi lancar sehingga suplay oksigen tercukupi dan membuat tenaga mesin menjadi meningkat.

7. Pеnggunааn Buѕі dаn Bаhаn Bаkаr Bеrkuаlіtаѕ

Penggunaan bahan bakar serta busi yang berkualitas juga akan mempengaruhi tenaga mesin yang dihasilkan. Busi berkualitas seperti busi IRIDIUM tentu akan membuat proses pembakaran menjadi lebih lancar karena percikan api yang dihasilkan lebih fokus. Sedangkan untuk bahan bakar sendiri juga demikian, anda perlu menggunakan bahan bakar dengan kualitas bagus, sebab bahan bakar yang kualitasnya jelek akan mempengaruhi kinerja mesin khususnya adalah sisa pembakaran yang tidak sempurna yang kemudian tertinggal didalam ruang bakar. Biasanya oktan bahan bakar bensin yang tinggi memiliki kualitas yang bagus. Oktan 92 lebih bagus dari oktan 88.

Baca juga : Artі Tоrѕі Mеѕіn Dаn Hоrѕе Pоwеr

Nah itulah tadi beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk membuat tenaga mesin mobil menjadi lebih meningkat. Yang perlu anda ingat adalah, semakin tinggi tenaga mesin yang dihasilkan tentu akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar mobil seperti yang dulunya hemat sekarang menjadi lebih boros. Hal ini sangatlah wajar karena tenaga mesin berbanding lurus dengan tingkat konsumsi bahan bakar.


Post a Comment for "Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil"